Kesultanan Palembang Anugerahi Gubernur Bengkulu Gelar Bangsawan

Kesultanan Palembang Anugerahi Gubernur Bengkulu Gelar Bangsawan

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah diberikan gelar Pangeran Wira Mandala --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Kesultanan Palembang Darussalam.

Rohidin Mersyah diberikan gelar Pangeran Wira Mandala oleh Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin di Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (30/1/2023) malam.

"Dengan Gelar kebangsawanan ini, yang bersangkutan (Pangeran Wira Mandala Rohidin Mersyah) secara resmi masuk dalam keluarga besar kesultanan Palembang Darussalam," terangnya usai menyerahkan pin dan keris.

BACA JUGA:Dapat Alokasi Rp 9 M, Sekolah di Bengkulu Bakal Direhab

Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menambahkan, Pangeran Wira Mandala memiliki artinya seorang pemimpin yang mampu menaungi seluruh rakyatnya. Jika diartikan secara terpisah yaitu Wira berarti pemimpin atau pahlawan dan Mandala adalah kekuasaan atau teritorial. 

"Kesultanan Palembang Darussalam yakin Pangeran Wira Mandala Rohidin Mersyah adalah seorang pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi rakyatnya," jelas Sri Sultan Mahmud Badaruddin yang juga sebagai Ketua Umum Yayasan Sultan Raja Nusantara (YARASUTRA)

Sementara itu, Gubernur Rohidin Mersyah mengaku gelar kehormatan yang diberikan kepada memiliki nilai tersendiri dan sungguh patut untuk diapresiasi, sehingga memunculkan semangat dan tanggung jawab ketika sudah menjadi keluarga besar Kesultanan Palembang.

"Tentu kita perlu menjaga jati diri, marwah dan eksistensi dari Kesultanan Palembang darussalam," ucap Pangeran Wira Mandala Rohidin Mersyah.

BACA JUGA:Dorong Bandara Fatmawati Berskala Internasional, Ini Target Gubernur

Rohidin mengatakan, Bengkulu dan Kesultanan Palembang tentu memiliki hubungan sangat erat sejak zaman dahulu kala. Harapannya di era sekarang, terus terjalin dengan keberadaan Zuriat Bangsawan Palembang Darussalam (ZBPB) yang mengisi pada berbagai profesi di Bengkulu. 

"Eksistensi peran dan kontribusi Zuriat Bangsawan Palembang Darussalam di Bengkulu sangat membantu dalam kemajuan daerah dengan peran dan fungsinya yang luar biasa di Bengkulu," ungkap Rohidin.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: