Dorong Bandara Fatmawati Berskala Internasional, Ini Target Gubernur

Dorong Bandara Fatmawati Berskala Internasional, Ini Target Gubernur

DOK/BE Penumpang tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah terus mendorong penerbangan Bandara Fatmawati Soekarno berskala internasional. Sebab, saat ini penerbangan rute Bengkulu hanya satu tujuan yaitu Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu,  Bambang Agus Suprabudi SSos MSi mengatakan, Gubernur Bengkulu telah melayangkan surat ke Maskapai Citilink dan Lion Air untuk membuka jalur penerbangan baru.

"Kita upayakan tahun 2023 ini, Bengkulu jalurnya sudah jalur internasional," kata Bambang kepada BE, Selasa (10/1/2023).

Dijelaskannya, upayakan penerbangan internasional itu akan terus dilakukan. Tentunya dengan terus meminta persetujuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Mengingat Bengkulu penerbangan menuju luar negeri sudah sudah mulai banyak. Seperti ke Madinah dan negara lainnya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Dorong PT Angkasa Pura Kembangkan Bandara Fatmawati Soekarno

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Residivis Berhasil Ditangkap, Ini Pelakunya

"Doakan saja, ini sedang berproses dan terus kita upayakan," tuturnya.

Di sisi lain, Bambang menegaskan, pembukaan jalur domestik baru juga sudah diusulkan. Penerbangan baru itu, seperti rute Bengkulu-Sumatera Selatan, Bengkulu-Sumatera Barat dan Bengkulu-Batam. Surat ke maskapai yang ada di Bengkulu sudah diberikan untuk pembukaan jalur penerbangan baru tersebut.

"Surat sudah disampaikan untuk penerbangan Bengkulu ke Palembang, Sumbar dan Batam," ungkap Bambang.

Penerbangan ke provinsi tetangga itu, menurut Bambang, juga ditargetkan pada tahun 2023 ini bisa direalisasikan. Mengingat permintaan penerbangan dari masyarakat sudah banyak. Pasalnya, sebelum pandemi covid-19, penerbangan ke provinsi tetangga itu sudah dibuka. Namun terhenti saat pandemi covid-19, karena pembatasan perjalanan.

BACA JUGA:Kajati Bengkulu Warning Para Jaksa, Jangan Lakukan Hal Ini

BACA JUGA:14 Pejabat Pemkot Bengkulu Dimutasi, Ini Daftarnya

"Kita berharap 2023, jalur penerbangan baru itu sudah bisa dibuka untuk maskapai yang ada di Bandara Fatmawati Soekarno," tambahnya.

Sementara itu, untuk penerbangan Bengkulu ke Pulau Enggano, tahun 2023 tetap dilanjutkan dengan Maskapai Susi Air. Jadwal penerbangan juga tidak ada perubahaan. Dalam satu minggu melayani penerbangan 2 kali, yakni setiap hari Selasa dan Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: