Info Gaji PNS Naik 7 Persen Tahun 2023? Ini Rincian Gaji Berdasarkan Golongan

Info Gaji PNS Naik 7 Persen Tahun 2023? Ini Rincian Gaji Berdasarkan Golongan

Ilustrasi gaji-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Kemudian tunjangan kinerja yang paling rendah yaitu dengan jumlah Rp5.361.800 yang diberikan untuk Eselon III dengan peringkat jabatan 4.

2. Tunjangan Istri/Suami

PNS juga mendapatkan tunjangan istri atau suami. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977, besaran tunjangan istri/suami yakni 5 persen dari gaji pokok.

Namun, apabila suami dan istri sama-sama anggota PNS, maka tunjangan hanya diberikan ke salah satunya, dengan mengacu pada gaji pokok yang lebih tinggi.

3. Tunjangan Anak

PNS juga berhak mendapatkan tunjangan anak. Merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977, tunjangan anak ditetapkan 2 persen dari gaji pokok untuk setiap anak, dengan maksimal 3 anak.

PNS mendapatkan tunjangan ini selama anaknya berusia kurang dari 18 tahun dan belum menikah, serta tidak memiliki penghasilan sendiri.

4. Tunjangan Makan

Beberapa instansi memberikan tunjangan makan. Tunjangan makan sendiri telah diatur di dalam Peraturan Menteri Keuangan R.I Nomor 32/PMK/02/2018 yang mengungkapkan bahwa Pegawai Negeri Sipil dengan Golongan I atau II mempunyai hak untuk memperoleh uang makan. Rincian besarannya yakni:

PNS golongan I dan II: Rp 35.000 per hari

PNS golongan III: Rp 37.000 P

PNS golongan IV: Rp 41.000

5.Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan hanya diterima PNS yang memiliki posisi tertentu atau berada pada jenjang jabatan struktural. Tunjangan ini lebih dikenal sebagai jenjang eselon.

Tunjangan yang diatur di dalam Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2007, menjelaskan bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil mempunyai hak untuk memperoleh tunjangan jabatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: