Kuliner Khas Bengkulu Ikan Pais Salah Satu Menu Kesukaan Atalia Ridwan Kamil, Ini Dia Cara Memasaknya

Kuliner Khas Bengkulu Ikan Pais Salah Satu Menu Kesukaan Atalia Ridwan Kamil, Ini Dia Cara Memasaknya

Ikan pais makanan khas Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU,BENGKULUEKPRESS.COM - Selain sangat menyukai kuliner khas Bengkulu pendap, ternyata Atlia Ridwan Kamil, istri dari Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, juga menyukai ikan pais. Tentu banyak yang penasaran apa itu ikan pais dan bagaiman cara memasaknya.

Salah satu kuliner di Bengkulu yang memiliki daya tariknya sendiri ialah ikan pais, yaitu merupakan makanan yang berbahan dasar dari ikan dan parutan kelepa serta di bungkus dengan daun pisang. 

Paisan ikan ini berbeda dengan pendap. Jika pendap merupakann kuliner yang berbahan dasar ikan juga tetapi pendap tidak hanya dibungkus daun pisang tetapi juga dibungkus dengan daun talas yang membuat kedua makanan berbahan ikan ini berbeda.

BACA JUGA:Atalia Ridwan Kamil Pernah Makan Pendap, Kuliner Asal Bengkulu, Begini Cara Membuatnya

BACA JUGA:Cicipi Makanan Khas Bengkulu, Menteri Tak Bisa Berkata, Istri Gubernur Jabar Ketagihan Pendap dan Ikan Pais

Adapun cara membuat ikan pais adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum anda membuat paisan ikan ini anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Kali ini kita akan membuat paisan ikan yang berbahan dasar ikan mungkus, anda bisa membuat paisan ikan ini dengan berbahan dasar ikan yang sesuai dengan selera anda.

Siapkan ikan mungkus 1/2 kg, kelapa parut yang masih muda, serta tidak lupa siapakan daun pisang  dan bumbu-bumbu kasar lain beruba serai dan daun jeruk dan bumbu halus lainnya berupa cabai, bawang, dan bumbu rahasia.

2. Siapkan kelapa parut yang masih muda lalu digiling hingga halus dan tambahkan sedikit cabai, penyedap rasa dan bumbu-bumbu yang halus lainnya. 

3. Aduk merata bumbu dan masukkan ikan agar bisa terkena bumbu yang sudah disiapkan, aduk merata bumbu dan ika hingga ikan terbalut dengan bumbu tanpa ada satupun yang tertinggal lalu tambahkan tomat 

BACA JUGA:Kuliner Khas Kaur Wajib Dicoba

BACA JUGA:Ini Dia Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Kabupaten Kaur Bengkulu

4. Siapkan daun pisang yang sudah dilayukan dengan menggunakan api kompor, lalu masukan ikan ke daun pisang dan bungkus, kukus sekitar 10 menit lalu angkat dan bakar paisan dengan waktu 3 menit untuk mendapatkan rasa yang khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: