LKBN Antara Biro Bengkulu Gelar Heritage Tour 2022, Promosikan Wisata Sejarah Nasional di Bengkulu

LKBN Antara Biro Bengkulu Gelar Heritage Tour 2022, Promosikan Wisata Sejarah Nasional di Bengkulu

Bengkulu Heritage Society -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai bentuk kontribusi dakam memperingati ulang tahun ke-85, LKBN Antara Biro Bengkulu bekerjasama dengan Bengkulu Heritage Society (BHS) menggelar “heritage tour” di objek wisata cagar budaya nasional yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno dan Benteng Marlborough.

Pemilihan kedua lokasi ini karena keduanya merupakan cagar budaya nasional yang dimiliki Provinsi Bengkulu.

"Kantor Berita Antara ingin berkontribusi memasyarakatkan wisata sejarah Bengkulu sekaligus mempromosikan kekayaan warisan budaya untuk memajukan pariwisata daerah," kata Kepala Biro Antara Bengkulu Helti Marini Sipayung di Kota Bengkulu, Minggu.

Ia menyebutkan melalui HUT ke-85, LKBN Antara yang merupakan bagian dari sejarah NKRI lewat empat orang pendirinya yaitu Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena, Antara ingin terus berkontribusi bagi negara.

BACA JUGA:Tampil di Bengkulu Kemarin Sore, Vokalis The Changcuters Tidur di Atas Panggung

Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut, seluruh peserta termasuk warga Bengkulu lainnya dapat semakin mencintai sejarah daerahnya dan mengenali jati diri sebagai bangsa.

Koordinator Bengkulu Heritage Society, Asnodi menjelaskan bahwa kegiatan “Antara Heritage Tour” merupakan salah satu kegiatan yang memberikan edukasi mengenai sejarah atau histori yang ada di Kota Bengkulu.

Ia menilai lewat kegiatan ini seluruh peserta dan masyarakat mendapatkan informasi terkait kelestarian nilai-nilai sejarah dan dapat dijadikan panutan untuk generasi kedepan agar dapat mencintai sejarah sehingga keberadaan heritage di Bengkulu menjadi lebih terjaga, terpelihara dan termanfaatkan sebagaimana seharusnya.

"Harapannya semoga teman-teman peserta dapat menggali informasi, memberikan tulisan dan informasi terbaik sehingga menjadi salah satu mendapatkan prestasi," ujarnya.

Sementara itu, Guru SMA Palawa Kota Bengkulu Ratih Nonisa Wijaka mengatakan bahwa melalui kegiatan Antara Heritage tour tersebut dapat menambah wawasan anak-anak terkait sejarah berdirinya bangunan benteng Fort Marlborough.

Ia berharap agar kedepannya ada kegiatah serupa di Provinsi Bengkulu guna menambah wawasan dan edukasi siswa siswi tentang sejarag wisata yang ada di Bengkulu.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu peserta Antara Heritage Tour dari Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Bengkulu Agita Meysa Aulia Nur bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat mempromosikan wisata di Bengkulu agae lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Semoga ini juga bisa menjadi ajang edukasi bagi masyarakat Bengkulu agar lebih bangga terhadap wisata sejarah yang ada di Bengkulu dan semoga ANTARA semakin lebih baik dan memberikan informasi-informasi yang lebih edukatif dan bermanfaat bagi masyarakat," sebutnya.

Diketahui, kegiatan Antara Heritage Tour 2022 diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari 25 mahasiswa dari Universitas di Kota Bengkulu dan 35 siswa yang berasal dari SMA dan SMK di Kota Bengkulu.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: