Soal Usulan Jalan Tol Dioperasikan 3 Desember, Masih Tunggu Persetujuan Pusat

Soal Usulan Jalan Tol Dioperasikan 3 Desember,  Masih Tunggu Persetujuan Pusat

Dokumentasi HK, Gerbang Tol Bengkulu - Taba Penanjung.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Mengenai pengoperasian jalan tol Bengkulu - Taba Penanjung tanggal 3 Desember 2022, sampai sejauh ini belum ada kejelasan.

Hal ini disebabkan pengelola jalan tol masih menunggu izin resmi dari Balai Pelaksana Jalan Tol (BPJP).

Branch Manager Ruas Tol Bengkulu, Medya Gustian mengungkapkan, yang diterima pihaknya baru Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol Bengkulu - Taba Penanjung. Sedangkan untuk pengoperasiannya belum dikeluarkan.

Meski demikian, Medya memastikan bahwa pihaknya memang telah mengusulkan kepada BPJT agar jalan tol ruas Bengkuu-Taba Penanjung bisa dioperasikan bulan ini.

BACA JUGA:Tiga Kios di Tanah Patah Kota Bengkulu Terbakar

"Memang kita ada berkoordinasi dengan Pak Gubernur, bahwa kita sudah bersurat dengan BPJT untuk minta difungsikan tanggal 3 ini, tapi belum ada balasannya kita masih menunggu," ungkap Medya, Kamis (1/12/2022).

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu DR drh Rohidin Mersyah MMA menyebutkan bahwa pada 3 Desember 2022 ruas tol pertama Bengkulu - Taba Penanjung sepanjang 17,60 Kilo Meter akan mulai difungsikan.

"Surat Keputusan (SK) penetapannya sudah diterima dan kalau tidak ada perubahan mungkin 3 Desember akan mulai di fungsikan," kata Rohidin, usai menyerahkan sertifikat PTSL di Kanwil BPN Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya, jalan tol Bengkulu - Taba Penanjung telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13 - 14 April 2022 dan uji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik Lebaran 2022 dengan 45 ribu kendaraan yang melintas.

Diketahui, Trans Sumatera ruas Lubuklinggau – Curup – Bengkulu  sepanjang 95 km terbagi dalam tiga seksi.

Seksi pertama Taba Penanjung – Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer,  seksi kedua yaitu Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer dan seksi ketiga Lubuk Linggau – Kepahiang dengan panjang 54,5 kilometer.

Khusus tol Bengkulu tergabung dalam Trans Sumatera yang terdiri dari delapan ruas diantaranya yaitu Ruas Sigli - Banda Aceh (74 Km), Ruas Kisaran - Indrapura (48 Km), Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (143 Km).(Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: