Jelang Penutupan, Pendaftar Calon PPK Kota Bengkulu Capai 780 Orang

Jelang Penutupan, Pendaftar Calon PPK Kota Bengkulu Capai 780 Orang

Komisioner KPU, Zaini S Ag.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Sehari menjelang penutupan pendaftaran, KPU Kota Bengkulu telah menerima sebanyak 780 lebih berkas bakal calon seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pembukaan pendaftaran rekrutmen itu telah berlangsung sejak Minggu (20/11) lalu, dan akan berakhir pada, Selasa (29/11/2022) besok.

Komisioner KPU Kota, Zaini mengatakan pendaftaran dilaksankan peserta melalui aplikasi SIAKBA yang dikembangkan oleh KPU RI untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dan agar pendataannya terpusat. Sementara kebutuhan calon PPK setiap kecamatan minimal 15 orang atau tiga kali dari jumlah kebutuhan terdiri dari 5 orang PPK yang akan ditugaskan di masing-masing kecamatan.

"Perhari ini sudah 780 pendaftar, dan masih sangat berpotensi bertambah. Bisa saja sampai penutupan besok tembus seribu pendaftar. Angka ini dibanding sebelumnya jauh drastis meningkat hampir 2 kali lipat. Mungkin karena adanya kenaikan honor, aturan batasan usia yang sudah diubah dan faktor lainnya," jelas Zaini, Senin (28/11).

Sementara itu, untuk seleksi administrasi para pendaftar akan dilakukan dari tanggal 1 hingga 4 Desember mendatang dan akan segera diumumkan verifikasi persyaratan pendaftar. Setelah itu, calon PPK ini akan mengikuti rangkaian tes selanjutnya dimulai dari tes tertulis melalui CAT, hingga wawancara.

BACA JUGA:Dewan Tekan Pemkot Bengkulu Realisasikan Permenaker Tentang Kenaikan UMK

"Untuk proses seleksi menggunakan metode CAT. Jadi peserta tidak perlu ragu dengan kebocoran soal, atau orang titipan. Karna KPU adalah lembaga publik, jadi kepercayaan publik menjadi salah satu syarat yang wajib dilaksanakan jajaran KPU. Poin metode pendaftaran online dan seleksi itu diciptakan untuk meyakinkan publik, dan imbauan bagi mereka yang mau titip titip," tutupnya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: