PMK Sudah Terkendali, Disnakeswan Provinsi Bengkulu Tetap Lakukan Vaksinasi

PMK Sudah Terkendali, Disnakeswan Provinsi Bengkulu Tetap Lakukan Vaksinasi

Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Bengkulu, M Syarkawi saat diwawancarai wartawan.-(foto: nur miessuary/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah mereda terkendali, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Provinsi Bengkulu masih terus mengejar vaksinasi untuk seluruh hewan ternak yang ada.

Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Bengkulu, M Syarkawi mengungkapkan, untuk mempercepat capaian vaksinansi pada hewan pihaknya telah melakukan Bimbingan Teknis kepada 100 orang vaksinator dari Satuan Tugas (Satgas) PMK.

"Kita sudah melakukan Bimtek untuk mengejar vaksinasi seluruh hewan ternak, yang berasal dari berbagai unsur, dari TNI, Polri dan kader desa juga ada," ungkap Syarkawi, Rabu (9/11/2022).

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Bengkulu Per 9 Oktober 2022, saat ini tersisa 740 kasus aktif PMK dengan kasus harian tidak lebih dari 5 kasus. 

BACA JUGA:Jalan WR Supratman-Nakau Rusak Parah, Pemkot Bengkulu Koordinasi ke Pusat

Sedangakn untuk jumlah hewan ternak tercatat sebanyak 389.029, dan baru divaksinasi sebanyak 33.023 dari 73.300 distribusi vaksin yang pihaknya terima dari Pemerintah Pusat.

"Masih banyak sekali ternak kita yang belum dilakukan vaksinasi, makanya kita sedang kejar sekarang, walaupun kasus harian kita paling tinggal 1 atau 2," ujarnya

Untuk itu, Syarkawi mengatakan pihaknya menargetkan kepada 100 orang vaksinator yang telah mengikuti Bimtek untuk merealisasikan vaksinasi hingga Desember ini tercapai.

"Target kita dari semua vaksin ini dapat direalisasikan hingga akhir tahun ini, sisanya kita akan lakukan tahun depan jika masih ada operasional dari Pusat," tutupnya.(Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: