Tahun Depan Festival Tabut Dicanangkan Jadi Festival Internasional

Tahun Depan Festival Tabut Dicanangkan Jadi Festival Internasional

Penabuhan Dol Saat Pembukaan Festival Tabut-(foto: asuary/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Gemuruh tabuhan alat musik teradisional Bengkulu, dol dan nyala kembang api menandai telah dimulainya festival Tabut Bengkulu 2022, yang dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, di lapangan Merdeka Tugu View Tower, Kota Bengkulu, Selasa malam (2/8).

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mencanangkan Festival Tabut pada tahun 2023 akan menjadi festival internasional, setelah 4 tahun masuk Kharisma Event Nusantara (KEN).

Menurutnya festival ini merupakan salah satu kebudayaan yang diselenggarakan pada saat tahun baru Islam, yang sangat penting untuk terus dilestarikan.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Dorong Produk Ekonomi Kreatif di Bengkulu Masuk e-Katalog Daerah

"Tabut ini merupakan kebudayaan yang dilakukan setiap tahun saat tahun baru Islam. Saat ini sudah masuk KEN dan sudah mampu live di lapangan Merdeka. Kita harapkan tahun depan dapat menjadi event internasional," ungkap Sandi, Selasa (2/8).

Ia juga mengatakan, festival tabut memiliki daya tarik tersendiri sebagai festival yang mampu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Sehingga pihaknya kedepan akan mulai melakukan persiapan untuk mengundang berbagai duta besar, yang diharapkan mampu menarik minat wisatawan mancanegara dan menjadi festival internasional pada tahun 2023 nantinya.

BACA JUGA:Prosesi Pamit kepada Rajo Agung dan Pengambilan Tanah Tanda Dimulainya Tabut Bengkulu

"Ini merupakan budaya dan tradisi merayakan tahun baru islam. Tahun ini saya canangkan akan mengirim undangan untuk wisatawan mancanegara untuk hadir," jelas Sandi.

Disisi lain Gubernur Bengkulu, DR drh Rohidin Mersyah MMA, menyampaikan harapannya dengan kedatangan Menpar Ekraf, saat festival tabut dapat melihat langsung potensi untuk menjadi festival internasional.

Dan ia berharap dengan bantuan dari Menteri Ekraf, festival tabut bertaraf internasional dan menjadi salah satu tujuan mancanegara dapat terwujud.

"Kita harapkan kedepan dapat menjadi event internasional dengan bantuan pak Menteri," harap Rohidin.(CW2/Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: