Bengkulu Kids Marathon Dibagi  Dua Kategori

Bengkulu Kids Marathon Dibagi  Dua Kategori

\"\"Rute Lari Dibagi  Dua Kategori

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Persiapan event Bengkulu Kids Marathon piala Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA terus dilakukan secara matang. Beberapa peraturan lomba telah dibakukan oleh pantia yang dikerjasamakan antara Bengkulu Ekspress dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Ada tujuh peraturan yang wajib ditaati oleh para peserta dan orang tua saat event berlangsung. Koordinator EO BE, Rahmat mengatakan, aturan pertama yang wajib ditaati ialah terkait umur peserta. Katagori A, dengan peserta umur 5 sampai 6 tahun atau jenjang sekolah PAUD dan TK. Lalu untuk katagori B, ialah anak yang berusia 7 sampai 8 tahun, atau jenjang sekolah Sekolah Dasar (SD). Nantinya, dari dua katagori itu, akan dipisah rute tempat para peserta lari. \"Dua katagori ini dipisah rutenya. Jadi nanti akan bisa diketahui, mana yang paling cepat dan tidak,\" terang Rahmat kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (17/12).

Rahmat mengatakan, untuk rute perlombaan, masih sama pada event Bengkulu Kids Marathon tahun 2017 lalu, yaitu di Jalan S Parman Kota Bengkulu. Untuk katagori A, peserta akan mulai star dari dapan Kejaksaan Tinggi Bengkulu dan finis di depan Bank Bengkulu. Lalu untuk katagori B, peserta mulai star dari depan Frans Funiturs dan finisnya di depan Bank Mandiri. \"Rute ini yang ditempuh peserta hanya 400 meter. Jadi lebih pendek dari event tahun sebelumnya,\" tambahnya.

Syarat paling penting selanjutnya yang harus dipahami oleh peserta, menurut Rahmat ialah untuk para orang tua atau wali yang mendampingi. Jika tahun sebelumnya, para orang tua atau wali diperbolehkan mengiringi dibelakang anak sebagai peserta, maka tahun ini dilarang untuk masuk ke lintasan lari.

Para orang tua hanya diperbolehkan mengiringi lari di area trotoar jalan. Panitia juga memberikan catatan, pendampingan lintasan bisa dikhususkan untuk katagori A. Namun hanya yang ditugaskan resmi dari PAUD/TK. \"Syarat ini paling inti. Karena dengan dipisah, kita ingin mengajarkan anak agar tumbuh mentalnya dalam berlomba. Kalau mental anak itu sudah tumbuh, pasti anak itu akan tetap lari sampai finis,\" beber Rahmat.

Pada event Bengkulu Kids Martahon dengan total hadiah mencapai Rp 13 juta itu. Panitia telah menyiakan wasit khusus untuk melihat paserta yang paling cepat berlari. Wasit akan melihat secara keseluruhaan, termasuk jika ada peserta yang mencoba mengambil jalan pintas atau memotong lintasan, akan disanksi diskualifikasi.

\"Untuk mendali finisher diberikan berdasarkan tiket pendaftaran dari panitia. Jumlahnya juga kita dibatasi 2 ribu mendali. Jadi yang cepat daftar, bisa mendapatkan mendali. Karena terbatas, silahkan daftar mulai sekarang ke graha Pena Bengkulu Ekspress Jalan Jati Simpang Skip Kota Bengkulu,\" paparnya.

Untuk hiburan, panitia juga akan menghadirkan artis cilik Jojo Indonesia Idol Junior. Rahmat menegaskan, hadirnya artis cilik ini menjadi suasana baru pada event Bengkulu kids marathon piala Gubernur Bengkulu. Tidak hanya hiburan dari artis cilik, namun panitia juga telah menyiapkan hiburan pendukung. Seperti adanya photobooth contest terbaik. Lalu ada hiburan badut, flashmobs anak, istana balon, cosplay. Tak kalah serunya, panitia juga telah menyiapkan puluhaan doorprize bagi para peserta yang beruntung. \"Hiburannya banyak sekali. Tentunya anak-anak kita akan tambah senang,\" tutupnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: