Berita Harus Fakta dan Berimbang

Berita Harus Fakta  dan Berimbang

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kaur menggelar pelatihan dan Bimtek jurnalis di gedung Aula Patria Tama Mapolres Kaur. Dalam kegiatan yang dibuka Sekda Kaur H Nandar Munadi MSi dan dihadiri jajaran Polres Kaur serta perwakilan wartawan itu, tujuannya agar ke depan, informasi yang disampaikan terutama oleh sejumlah jurnalis di Kabupaten Kaur harus sesuai fakta dan berimbang dan tidak lagi berita yang belum jelas kebenaranya, apalagi berita bohong atau hoax.

“Melalui pelatihan ini kita harapkan diberikan bimbingan sehingga dalam penyampaian informasi baik dari jurnalis maupun dari pihak lainnya, disampaikan secara benar dan akurat serta berimbang,” kata Sekda Kaur, H Nandar Munadi MSi saat membuka acara Bimtek, kemarin (29/11).

Dikatakan Sekda, Bimtek dengan jurnalis atau para calon jurnalis dan para anggota polisi itu sangatlah penting. Sebab dengan ilmu yang cukup, mereka bisa menyampaikan informasi yang benar dan akurat serta sistem penulisan yang tepat singkat dan jelas. Pelatihan atau Bimtek perdana ini diharapkan dapat menciptakan para calon jurnalis yang handal serta menciptakan laporan atau berita yang akurat serta lengkap.  “Ini sangat baik dan sangat dibutuhkan apalagi saat ini media salah satu corong informasi dari berbagai pihak,” tuturnya.

Sementara Plt Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, Syahyarudin MM selaku nasumber juga menyampaikan, Bimtek ini sangat baik, agar para jurnalis atau polisi bisa melakukan penulisan berita baik dan benar dan tidak lagi menyebarkan informasi hoax.

“Seorang jurnalis tentunya dalam menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat harus benar, dan juga dalam pemberitaan itu harus berimbang dan jangan hanya satu narasumber saja kalau bisa itu empat narasumber,” terangnya.

Sementara itu, dalam Bimtek yang berasal dari calon calon jurnalis, peserta yang hadiri juga dari kalangan Babinkamtibmas sejumlah Polsek di Kabupaten Kaur, mereka juga diharapkan nantinya dalam menyampaikan laporan kegiatan dapat menyusun laporan seakurat mungkin.

“Sekarang ini polisi khususnya Babin sudah seperti wartawan, dan laporan yang diberikan dapat sedikit memenuhi unsur penulisan jurnalis, untuk itu ilmu di Bimtek ini diterapkan,” tambah Waka Polres Kompol Aprizal SSos. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: