Manfaat Kulit Lemon, Bagus untuk Pupuk Tanaman

Manfaat Kulit Lemon, Bagus untuk Pupuk Tanaman

Manfaat Kulit Lemon yang Bagus untuk Pupuk Tanaman-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kulit lemon memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai bahan organik yang dapat dijadikan pupuk alami untuk tanaman. 

Kulit lemon kaya akan nutrisi yang berguna untuk meningkatkan kesuburan tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman. Berikut adalah beberapa cara dan manfaat menggunakan kulit lemon sebagai pupuk tanaman:

Manfaat Kulit Lemon sebagai Pupuk Tanaman:

- Kaya Nutrisi: Kulit lemon mengandung kalsium, kalium, dan magnesium yang penting untuk kesehatan tanaman. Kalsium mendukung pertumbuhan akar yang kuat, kalium membantu perkembangan bunga dan buah, serta magnesium penting untuk fotosintesis.

BACA JUGA:Manfaat Lumut, Juga Bisa Dijadikan Sebagai Pupuk Tanaman

BACA JUGA:Manfaat Jerami Padi, Bisa Dijadikan Pupuk Bokashi

- Sumber Antioksidan dan Asam Sitrat: Asam sitrat dan antioksidan alami dalam kulit lemon membantu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit dan serangan hama.

- Pengusir Serangga Alami: Minyak esensial dalam kulit lemon mengandung limonene yang berfungsi sebagai pengusir alami hama seperti semut, nyamuk, dan kutu daun.

- Memperbaiki Struktur Tanah: Kulit lemon yang terurai dapat meningkatkan kandungan bahan organik dalam tanah, sehingga memperbaiki tekstur tanah dan meningkatkan kemampuannya menahan air serta udara.

Cara Menggunakan Kulit Lemon Sebagai Pupuk:

1. Kompos Kulit Lemon

Salah satu cara paling efektif adalah dengan memasukkan kulit lemon ke dalam tumpukan kompos Anda. Kulit lemon akan membantu meningkatkan kandungan nutrisi kompos sekaligus memberikan aroma segar.

Langkah-langkah:

- Potong-potong kulit lemon menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah terurai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: