Jangan Pasung Orgil

Jangan Pasung Orgil

\"orgil\"DINAS Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur, gencar melakukan sosialisasi program bebas pasung. Dinsos meminta setiap Kepala Desa (Kades) di Kebupaten Kaur agar melaporkan ke Dinsos jika memiliki warga mengalami ganguan jiwa, dan juga diminya kepada masyarakat agar tidak serta-merta memasung keluarganya yang kedapatan menderita sakit jiwa.

“Kita mengimbau kepada warga, jika ada keluarga mereka yang menderita sakit jiwa agar tak dipasung. Juga segera laporan ke kita agar diobati,” kata Kepala Dinsos Kaur H Sidarmin Tetap M Pd, kemarin (28/11).

Dikatakan Sidarmin, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menangani permasalahan penderit sakit jiwa. Dimana untuk pendekatan dengan pihak keluarga sangat penting agar pasung tidak menjadi solusi mengatasi penderita penyakit tersebut.

“Warga penderita sakit jiwa ini sudah ada programnya. Juga kita selalu menyarankan agar penderita sakit jiwa itu menjalani perawatan medis,\" ujarnya.

Ditambahkannya, ia meminta kepada Kades masyarat yang memiliki warga yang dipasung karena mengalami gangguan jiwa atau gila agar segera melaporkannya ke Dinsos, dan jika mengetahui adanya pasien pasung, maka pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah, dan segera melakukan rujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bengkulu.

“Para Kades saya harapkan, jika ditemukan pasien pasung segera lapor ke kami, karena nanti akan kita rawat agar mereka sebuh dari penyakit itu, dan jangan sampai nanti penyakitnya lebih parah,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: