Optimalkan Sanggar Seni

Optimalkan Sanggar Seni

GUNA menjaga kearifan kebudayaan lokal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Pendidikan Kaur terus berupaya mengoptimalkan pelatihan sanggar seni yang ada di semua sekolah dari tingkat TK hingga SMA. Bahkan, seluruhi siswa didorong untuk lebih mengenal dan mencintai kebudayaan asli Kaur.

“Untuk di Kaur ini sangar seni yang terdaftar di kita ada 18 sanggar, dan ini terus kita optimalkan. Juga setiap Minggu ada beberapa sanggar yang menggelar pelatihan di pentas seni taman,” kata Plt Kepala Dispenbud Kaur Three Marnope S Pd M TPd melalui Kabid Kebudayan melalui Kabid Budaya Kaur, Sri Rahayu SPd, kemarin (27/11).

Dikatakan Sri, pengoptimalan sangar melalui pelatihan rutin ini tujuannya untuk memberikan bimbingan kepada sanggar untuk tetap aktif dalam membina sejumlah anggotanya. Sehingga ke depannya seni budaya yang ada di Kaur tetap terjaga dan berkembang lebih baik. Juga ia mengajak masyarakat agar mencintai cagar budaya yang ada di Kabupaten Kaur.

“Untuk sanggar yang kita bina mereka yang benar-benar aktif dan membutuhkan pembinaan, dan kedepan seluruh sekolah harus mengoptimalkan sanggar seninya,” harapnya.

Ditambahkannya, untuk pelatihan ini sanggar seni juga terbuka untuk umum dan warga Kaur yang berniat melihat sejumlah kebudayan Kaur dapat datang ke pentas budaya. Hanya saja jadwalnya tidak tiap hari terkadang waktunya juga tidak menetap tergantung dengan kesiapan masing-masing sanggar dan kondisi tempat yang kosong.

“Ini selain mengajak warga mereka latihan bersama juga menghidupkan pentas seni yang sudah ada saat ini, kita harapkan kedepannya semakin berkembang dan budaya Kaur terus terjaga,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: