569 Peserta CPNS Berpeluang Ikut SKB

569 Peserta CPNS Berpeluang Ikut SKB

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada beberapa waktu lalu, tapi belum berhasil mencapai passing grade (ambang batas), namun nilainya tiga besar terbaik, bisa jadi terpilih ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diperkirakan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebab bila mengacu kepada pernyataan Kepala BKN, maka alokasi yang tak memenuhi angka passing grade (PG) berpeluang untuk menggunakan sistem rangking.“Kita belum tahu berapa yang ikut SKB nanti, apakah tetap 58 orang itu atau lebih,” kata Plt Kepala BKD PSDM Kaur Asman Suhadi SP, kemarin (21/11).

Namun jika ini dilakukan, bisa dipastikan akan dibutuhkan setidaknya 569 peserta untuk ikut SKB. Mereka yakni tiga besar dari alokasi formasi yang sudah dilamar atau sebanyak 239 alokasi formasi dikali tiga besar dikurang jumlah peserta lulus PG. Hanya saja terkait dengan informasi mengenai sistem rangking ini masih menunggu petunjuk pihak BKN.

“Hingga kini kita belum menerima surat resminya, sehingga kita belum bisa berasumsi demikian, tapi bila memang dirangking, maka peluang yang kosong tentu dapat diisi kembali,” ujarnya.

Ditambahkan Adi, saat ini pihaknya selaku panitia seleksi PNS tingkat kabupaten, masih menunggu petunjuk dari Panselnas. Namun ini tentunya kebijakan ini nantinya akan diberlakukan di seluruh Indonesia bukan hanya di Kabupaten Kaur. Juga khusus Kaur tentunya banyak kekurangan bila masih mengacu kepada lulus PG. “Namun yang pastinya tentu ada perbedaan yang lulus PG atau yang belum lulus PG, ini tentunya nanti akan ada regulasi yang mengaturnya, dan untuk Kaur ini yang lulus SKD masih tetap 58 orang itu,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: