Dua Mobil Listrik Singgah di Kaur

Dua Mobil Listrik Singgah di Kaur

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dua unit mobil listrik garapan mahasiswa Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yaitu Blits dan mobil hybrid series Kasuari yang sedang diuji coba, singgah di halaman Kantor Bupati Kaur sekitar pukul 12.00 WIB. Rombongan yang didampingi Manager PLN Bintuhan Anggun Haryadi itu disambut dengan hangat oleh Wabup Kaur Hj Yulis Suti Sutri bersama Sekda Kaur H Nandar Munadi MSi dan jajaran kepala OPD di lingkungan Pemkab Kaur, Senin (19/11).

Dalam kesempatan itu, Wabup bersama Sekda Kaur sempat melakukan uji coba mobil yang dibawa oleh tim dan mengaku ini inovasi karya anak bangsa yang sangat baik untuk masa depan.\"Ini salah satu motivasi untuk kemajuan indonesia, karena selain hemat energi ini juga ramah lingkungan,\" kata wakil Bupati Kaur, Senin (19/11).

Sekda Kaur H Nandar Munadi juga menyampaikan, ia mengakui keunggulan mobil listrik. Pihaknya mengakui sangat berterima kasih dengan kedatangan dua inti mobil listrik yang ada di Kabupaten Kaur. Juga Pemkab Kaur sangat mendukung penuh pengembangan mobil listrik di Indonesia melalui karya mahasiswa ITS ini.

\"Kedepannya semoga mobil listrik ini lebih lincah, dan beberapa kekurangan dapat dipenuhi, dan tentunya menarik minat warga sehingga banyak yang menggunakannya, karena ini sangat ramah lingkungan,\" terangnya.

Sementara itu Ketua Tim Eksplor, Nur Yuniarto, mengungkapkan renacana perjalanan yang ditempuh keliling Indonesia dari Surabaya kembali ke Surabaya dengan rute Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Adapun kualifikasi mobil listrik yang digunakan blad 300 kilo, setara 1200 cc kasware 150 klo.blit. \"Mobil listrik ini kerjasama dari Insitut Teknologi 10 November Surabaya dan Universitas Budi Luhur dengan PLN. Mobil mampu berjalanan 150 km atau 3 jam waktu tempuh, Mobil harus di cas ulang (recharge),\" terangnya.

Ditambahkannya, ajang keliling nusantara menggunakan Blits dan Kasuari yang ditujukkan untuk mencoba ketangguhan kedua mobil listrik rakitan anak bangsa ini. Selain itu, mobil listrik ini dipersiapkan untuk mengikuti Reli Dakar beberapa bulan ke depan.“Kami akan mencoba bawa mobil ini ke seluruh Indonesia, dan di sini kita kerjasama dengan pihak PLN untuk mengecas ulang batre mobil ini. Kami berangkat dari Surabaya sudah sejak beberapa minggu lalu. Sekarang rute Sumatera nanti finishnya di Sabang,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: