Cegah DBD, Gencar Fogging

Cegah DBD, Gencar Fogging

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress - Musim penghujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Kaur beberapa pekan terakhir ini rentan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk mengantisifasi merebaknya DBD, Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Puskemas kini gencar melakukan fogging di berbagai wilayah Kaur terutama di lokasi terserang DBD. Seperti kemarin (6/11), petugas Puskemas Bintuhan melakukan fogging di Desa Padang Genteng Kecamatan Kaur Selatan.

“Fogging ini dilakukan guna mencegah DBD, karena musim hujan seperti ini rawan terserang penyakit DBD,” kata Kepala Puskesmas Bintuhan, Nili Aripah SKM, kemarin (6/11).

Dikatakannya, musim hujan ini pihaknya memang terus melakukan fogging di beberapa lokasi yang tersebar di Kecamatan Kaur Selatan, fogging dilakukan di setiap rumah penduduk, dan juga di setiap saluran air, tanah kosong dan tempat-tempat rawan beredarnya nyamuk Aedes aegypti. Juga pencegahan ini akan terus dilakukan pihak Puskmas Bintuhan agar menekan angka penyakit DBD terlebih lagi agar tidak ada korban jiwa di wilayahnya.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, dan juga minta peran masyarakat untuk meningkatkan kebersihan dengan menerapkan 3M, (menguras, menutup dan mengubur),” harapnya.

Ditambahkannya, musim hujan yang terus setiap hari menguyur wilayah Kaur akhir-akhir ini, tentu perlu partisipasi warga untuk mewaspadai dan mengantisipasi gejala penyakit DBD. Salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, jangan sampai ada air hujan tergenang. “Di sini peran penting dari masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing sangat penting, agar tidak terserang DBD,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: