Siapkan Bantuan Bibit Jagung

Siapkan Bantuan Bibit Jagung

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Program penanaman jagung yang saat ini dilontarkan dalam skala nasional juga sedang digalakkan Pemkab Kaur, program ini salah satu tujuannya untuk memanfaatkan lahan kosong yang selama ini belum tergarap atau memanfaatkan waktu senggang saat usai menanam padi.

Terkait dengan program ini, bagi warga yang memiliki lahan tidur dan tidak termanfaat serta berniat menggarapnya, Pemkab Kaur akan memberikan bantuan cuma-cuma bibit jagung secara gratis. Syaratnya selain harus sedia lahan yang siap tanam, juga bersedia menanam jagung yang bibitnya disediakan Pemkab Kaur.

“Sepanjang tahun 2018 ini sudah banyak lahan yang kita berikan bibit jagung, namun bagi warga yang berniat untuk mengembakan jagung ini silakan ajukan permohonan mudah mudahan kita akan penuhi bibitnya,” kata kepala Dispertan Kaur Nasrur Rahman S hut M Si, beberapa hari lalu.

Dikatakannya, saat ini Dipsertan sendiri sudah membantu beberapa lahan milik kelompok dan ada yang sudah selesai penanaman, bantuan bibit ini salah satu bentuk perhatian Pemkab Kaur kepada masyarakat yang berniat mengembangkan jagung di Kabupaten Kaur. Nah nantinya jagung tersebut setelah mendekati musim panen Dispertan akan berupaya untuk menyalurkan dengan kelompok atau koperasi yang memang sudah berkomitmen untuk membeli jagung rontok di Kabupaten Kaur. Sehingga tentunya harga yang didapat yakni harga standar.

“Silakan tanam setelah siap panen Dispertan siap menyalurkannya dengan pembeli yang harga standar,” katanya.

Ditambahkannya, pihakn yakini Dispertan saat ini telah tersedia beberapa unit mesin tanam jagung yang siap digunakan. Mesin ini nantinya juga bisa dipinjam pakaikan dengan sejumlah kelompok bila ingin melakukan penanaman dengan menggunakan mesin. Bukan hanya itu, kelompok yang benar-benar ingin bercocok tanam jagung tentu akan mendapat prioritas bila ada kucuran alat mesin pertanian (Alsintan). “Nah bagi yang benar-benar berniat mengelola jagung tentu akan kita dahulukan bila ada bantuan,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: