Listrik Desa Terpencil Terkendala Jalan Buruk

Listrik Desa Terpencil Terkendala Jalan Buruk

TAIS, Bengkulu Ekspress - Tiga desa terpencil di Kabupaten Seluma, selama ini belum menikmati penerangan listrik. Yakni Desa Sekalak, Kuti Agung dan Suban. Sebenarnya, pada 2018 ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memiliki program mengalirkan listrik ketiga desa tersebut. Hanya saja, material PLN berupa tiang listrik tak bisa masuk ke desa itu. Akibat terkendala akses jalan yang buruk. Untuk itu, PLN membutuhkan partisipasi dari Pemda Seluma.

“Saat ini material tiang listrik terhambat tak bisa dimasukkan ke desa terpencil tersebut. Karena akses jakan menuju ketiga desa itu sangat sulit ditempuh, butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke sana,\'\' kata GM PLN Cabang Bengkulu, Nova Sagita kepada Bengkulu Ekspress kemarin (27/9).

Program membangun listrik pedesaan bisa dilaksanakan apabila ada perbaikan jalan di desa penerima program listrik, agar, material listrik bisa dibawa masuk ke desa tujuan.

“Setidaknya akses jalan diperbaiki, maka kita pastikan seluruh desa bisa terang benderang dan sudah dialiri listrik,” imbuhnya.

Meski begitu, Nova menerangkan, beberapa material tiang listrik sudah diantar secara bertahap ke desa tersebut. Namun ada juga, yang ditunda pengirimannya. Karena terkendala jalan yang buruk. Selain itu, juga terkendala tanam tumbuh yang cukup menghambat pengangkutan material itu. Akses jalan terberat Desa Sinar pagi, yang harus menyeberangi sungai.

Sebenarnya, kata Nova, warga antusias mau bergotong royong meluangkan waktunya mengangkut tiang listrik itu. Hanya saja bantuan pemerintah tetap diperlukan agar program ini cepat terlaksana. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: