Bina dan Tambah Jumlah Buku Tingkatkan Minat Baca dan Tambah Ilmu Masyarakat

Bina dan Tambah Jumlah Buku  Tingkatkan Minat Baca dan Tambah Ilmu Masyarakat

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Tingkatkan minat baca untuk menambah ilmu seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong, Pemerintah Akbupaten (Pemkab) Lebong akan meningkatkan pembinaan dan penambahan jumlah buku dan jumlah perpustakaan desa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Drs Achmad Ghozali, di era digital saat ini keinginan masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan sudah mulai berkurang karena telah mengandalkan teknoligi untuk membaca.

“Padahal yang ada di media online, belum tetntu bisa menjawab secara maksimal apa yang ingin diketahui masyarakat,” jelasnya, kemarin

Untuk itulah, meningatkan minat baca masyarakat. Pihaknya terus beruapaya mencari solusi, seperti memberikan pembinaan kepada seluruh desa (93 Desa) yang ada di Kabupaten Lebong, terutama yang telah memiliki peroustakaan desa untuk bisa mengaja masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan.

“Dengan demikian kita berharap masyarakat mulai mau mengunjungi perpustakaan,” sampainya.

Selain itu, penambahan buku di masing-masing perpustakaan terus dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk menjawab permintaan masyarakat yang membutuhkan refrensi apa yang akan mereka lakukan.

“Seperti buku-buku masalah pertanian, perikanan serta yang lainnya yang mana masyarakat Lebong banyak berprofesi sebagai petani atau peternak,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk saat ini dari total Perpusdes ada sekitar 68 perpustakaan sementara sisahnya belum sama sekali memiliki perpustakaan desa. Untuk itulah dirinya meminta kepada seluruh desa yang telah memiliki perpustakaan untuk bisa terus memaksimalkan kegunaan perpustakaanitu sendiri.

“Jangan sampai telah memiliki perpustakaan, namun tidak ada pengunjungnya. Silahkan sampaikan kepada kami kebutuhan buku yang diinginkan sehingga kami bisa mengupayakan untuk mendapatkannya,” sampainya.

Sementara itu, kepada desa yang saat ini belum sama sekali memiliki perpustakaan, dirinya berharap pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk bisa membangun perpusdes. Dimana di tahun 2018 ini ditargetkan seluruh desa telah memiliki perpusdes.

“karena manfaat Perpustakaan sangat banyak,” tutupnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: