Anjing Rabies Berkeliaran

Anjing Rabies Berkeliaran

KOTA MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress – Warga Bengkulu Selatan (BS) diharapkan waspada terhadap anjing yang berkeliaran. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak anjing gila dan juga anjing yang belum diberikan vaksin anti rabies (VAR).

“ Sampai saat ini kesadaran warga untuk memberikan VAR terhadap hewan peliharaannya seperti anjing dan kucing masih rendah,” kata Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni SP MM melalui Kabid Peternakan, Ir Inbima Kasiri didampingi bidang kesehatan hewan, drh Mungky Ghandy.

Mungky mengatakan, hingga saat ini hewan peliharaan yang divaksin masih sedikit. Padahal di BS masih banyak hewan peliharaan baik anjing, kucing dan hewan peliharaan lainnya. Padahal pihaknya selalu turun ke lapangan mendatangi warga. “ Padahal pemberian VAR gratis, namun sepertinya masih banyak warga enggan memvaksin anjingnya,” ujarnya.

Mungky menambahkan, agar hewan peliharaan tidak menyebarkan penyakit rabies, maka hewan tersebut harus divaksin minimal 1 kali dalam satu tahun. Namun saat ini masih banyak anjing yang belum divaksin. Oleh karena itu, dirinya mengimbau warga agar menjauhi anjing berkeliaraan tersebut. Sebab dikhawatirkan, jika menggigit manusia, akan menyebarkan bibit penyakit. Sebab orang yang sudah digigit anjing bisa menyebabkan kematian.

“Hati-hati terhadap anjing liar, jika menggigit kita bisa menyebabkan kematian, sebab dikhawatirkan akan menyebarkan penyakit rabies,” imbau Mungky. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: