Penerima PKH Divalidasi

Senin 10-10-2016,11:50 WIB

SUKARAJA, BE- Seminggu terakhir, pendamping program keluarga harapan(PKH) disetiap kecamatan mulai sibuk memvalidasi data warga penerima PKH. Karena data penerima PKH mengalami peningkatan. PKH sendiri bakal direalisasikan Januari 2017.

“Dari sekarang kita sudah melakukan validasi. Penerima PKH menerima realisasi program ini awal Januari mendatang,” tegas Pendamping PKH Kecamatan Sukaraja Geri Jonaidi kepada BE kemarin (9/10).

Pada 2016 jumlah penerima PKH di Desa Padang pelawai hanya 9 orang. Pada 2017 mengalami peningkatan 22 orang. Jadi jumlahnya menjadi 31 orang penerima. Penerima PKH di Kecamatan Sukaraja seluruhnya ada 708 penerima. Data inilah yang divalidasi. Apakah calon penerima tersebut masih bisa menerima program PKH atau tidak.

“Seluruhnya mengalami peningkatan sehingga mereka ini harus di validasi kembali apakah masih layak menerima atau tidak,” sambungnya.

Validasi data itu harus berdasarkan pada keluarga kurang mampu. Kriterianya meliputi, memiliki bayi dibawah lima tahun (balita), kepala keluarga berprofesi sebagai buruh, memiliki tanggungan anak yang sekolah di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), termasuk disabilitas pun menjadi acuan dalam validasi tersebut. Bagi penerima yang sudah meninggal dunia diperhitungkan lagi masih layak atau tidak menerima PKH ini dengan diteruskan pada keluarganya yang masih hidup.

“Kita validasi secara mendetail dengan mendatangi satu persatu penerima sehingga bisa diketahui kondisinya secara pasti,” sampainya. Data penerima PKH tersebut berdasarkan data BPS tahun 2011. Pendamping PKH hanya melakukan validasi semata dan sudah ditetapkan kementrian yang membidangi kegiatan ini.

“Tahun 2016 ini penerima awal mendapatkan programnya, sedangkan penerima tambahan menerima programnya diawal 2017 mendatang,” sambungnya.

Salah satu penerima PKH di Desa Padang Pelawi, Kecamatan Sukarja Ridi Kismantoro membenarkan penerima PKH di desanya mengalami penambahan. Pada 2016 penerima PKH di desanya hanya tercatat 9 orang penerima. Kini ada 22 orang penerima PKH terbaru.

“Kita sudah mendapatkan edaran jika penerimanya mengalami peningkatan sehingga desa juga akan melakukan validasi bersama pendamping PKH setiap kecamatan,” imbuhnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait