Lebih dari sekadar wadah berjualan, 57% memilih Shopee sebagai platform paling aktif menghadirkan program edukasi dan pendampingan untuk UMKM dan brand lokal, diikuti TikTok Shop (19%), Tokopedia (18%), dan Lazada (6%). Contohnya adalah Kampus UMKM Shopee dan Program Bimbel Shopee.
Efektivitas Fitur Live Stream, Video, dan Iklan
Fitur live streaming dan video singkat kini memainkan peran strategis dalam menggerakkan keputusan pembelian. Shopee dianggap oleh mayoritas responden (54%) sebagai e-commerce dengan fitur hiburan (live streaming/video pendek) yang paling membantu penjualan, diikuti oleh TikTok Shop (29%), Tokopedia (11%), dan Lazada (5%). Mayoritas UMKM dan brand lokal yang menggunakan fitur interaktif Shopee setuju bahwa Shopee Live dan Shopee Video memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan penjualan.
Dalam hal program iklan, 62% responden menilai program iklan Shopee sebagai yang paling efektif dan merasakan peningkatan penjualan signifikan selama periode iklan berlangsung.
Pengaruh Program & Kampanye Tematik
Partisipasi dalam kampanye berskala besar seperti Ramadan menjadi momentum penting. Kampanye Shopee Big Ramadan Sale menjadi yang paling banyak diikuti oleh UMKM dan brand lokal (94% partisipasi) dan dinilai paling memberikan dampak nyata terhadap penjualan selama periode promosi berlangsung (93% dampak kampanye), mengungguli TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada.
Program Ekspor: Mendorong UMKM Menembus Pasar Global
Ekspansi ke pasar global masih menjadi tantangan. Dalam hal ini, Shopee dianggap oleh mayoritas responden sebanyak 62% sebagai e-commerce yang paling membantu UMKM menembus pasar global, diikuti Tokopedia (16%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (6%). Mayoritas UMKM dan brand lokal yang mengikuti program Shopee Ekspor juga menyatakan dampak positif dari inisiatif tersebut.
"Shopee dinilai sebagai platform paling berdampak bagi pertumbuhan UMKM dan brand lokal. Keunggulan mereka tidak hanya dalam fitur dan kampanye, tetapi juga dalam membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan," lanjut Andi Sukma. "Platform yang akan bertahan adalah mereka yang tidak hanya menyediakan etalase digital, tetapi membangun solusi, edukasi, dan ekspansi nyata."(**)