Berkunjung ke Desa Saba Baduy, Wisata Budaya dengan Beragam Aturan Adat Istiadat yang Masih Terjaga

Minggu 31-12-2023,09:21 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar


Desa Kanekes, desa tempat tinggal suku Baduy, Banten-Akun Instagram @badakkekar-

Sebagai tambahan informasi, perlu diketahui bahwa masyarakat Baduy dikenal memegang teguh adat istiadat dan aturan. Oleh karena itu, ada beberapa peraturan yang wajib kamu patuhi saat berkunjung ke Desa Adat Baduy.

Jika kamu berada di Baduy Dalam, kamu dilarang mengambil foto atau video lewat perangkat apa pun. Jika mandi di sungai tidak boleh menggunakan sabun, sampo, dan pasta gigi.

BACA JUGA:Berwisata Sembari Belajar Berkebun di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Selain itu, masyarakat Baduy juga dikenal sangat memelihara alam dengan baik. Oleh karena itu, kamu dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan. Para wisatawan yang berkunjung diwajibkan membawa kembali sampah-sampah mereka.

Untuk bisa sampai ke kampung-kampung di Baduy Dalam, kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalur setapak.

Kamu bisa menyiapkan peralatan yang akan digunakan menuju Desa Adat Baduy, seperti sepatu trekking, jaket, ransel, jas hujan, dan juga senter. Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, kamu tidak akan menemukan warung makan di Baduy Dalam. Disarankan membawa perbekalan sendiri.

Jika kamu memutuskan menginap di rumah penduduk, kamu bisa membawa beras, sayuran, lauk pauk, dan air minum yang banyak mengingat air bersih di Baduy hanyalah dari air sungai. Kamu juga bisa membawa makanan ringan, kopi, teh, dan gula.

Sesampainya di rumah penduduk, kamu bisa meminta tuan rumah untuk memasakkan makan malam dan sarapan buat rombonganmu. Ternyata untuk masuk ke desa Saba Budaya Baduy ini kamu masih tetap harus membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000.

Bagaimana menurutmu, selain berwisata kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berharga saat berkunjung ke desa Saba Budaya Baduy. (**)

Kategori :