Rencana Pindah Kasda Pemkot ke Bank Bengkulu, Walikota Bakal Surati Kemenkeu

Senin 26-12-2022,12:50 WIB
Reporter : Firman Triadiniata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS. COM - Perpindahan kembali kas daerah (Kasda) Pemkot Bengkulu ke Bank Bengkulu nampaknya bukanlah isu belaka. Pasalnya proses pemindahan Kasda ini sedang dilakukan pemkot dan saat ini masih dalam penjajakan. 

Meski belum final, kabar ini santer terdengar dan menjadi perbincangan di berbagai kalangan terkait faktor pindahnya Kasda dari Bank BSI ke Bank Bengkulu.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi pun menjawab, pada intinya Pemkot Bengkulu ingin para perbankan ini menjadi mitra pemerintah kota dalam melakukan pembangunan di Kota Bengkulu. Keputusan akhirnya ada di tangan Walikota atas penegasan perpindahan Kasda Pemkot tersebut. 

"Sedang proses, ini belum final. Keputusan akhirnya nanti pak wali akan bersurat ke Kemenkeu,  dan keputusan ada di tangan beliau. Mudah-mudahan ada kabar baiknya, " jelas Dedy, Senin (26/12/2022).

BACA JUGA:Kasda Pemkot Pindah ke Bank Bengkulu? Ini Kata Walikota

BACA JUGA:Manfaat Kasda Online

Namun besar kemungkinan, pada 2023 Kasda sudah berpindah kembali ke Bank Bengkulu yang memang sebelumnya juga pernah bekerjasama dengan pemkot sebelum Bank BSI. Disinyalir hal ini didasari hasil evaluasi terkait masalah kelancaran dalam mendukung administrasi keuangan daerah. 

DPRD Kota Serahkan ke Pemkot

Sementara itu, Waka I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi SE menanggapi santai terkait rencana perpindahan Kasda ini.

Sebelumnya, pihak DPRD juga sudah mengingatkan agar Kasda disimpan di Bank Bengkulu yang memang betul-betul merupakan bank daerah. 

"Ini kan baru rencana ya, terserah pemerintah kota saja. Sejak awal kita sudah sarankan agar di Bank Bengkulu saja, tapi kenyataannya kemarin dialihkan ke BSI. Nah disini kita melihat tidak ada komitmen yang jelas dari pemkot sehingga kas daerah pindah-pindah terus," ungkapnya. 

Ia berharap Pemkot ada kepastian dalam bekerja karena pembangunan daerah sangat membutuhkan support dari perbankan. Menurutnya memang dari awal lebih baik pengelolaan Kasda itu di Bank milik daerah, karena juga mendukung menghidupi bank daerah yang juga sudah menyerap tenaga kerja di Kota Bengkulu.

Sebelumnya Beredar isu terkait pemindahan Kas Daerah (Kasda) kota Bengkulu mencuat.

Dikabarkan pada tahun depan Pemerintah Kota Bengkulu kembali akan memindahkan rekening kas daerah dari Bank Syariah Indonesia (BSI) kembali ke Bank Bengkulu.

Sebelum di Bank BSI, memang dahulunya kas daerah Pemkot berada di Bank Bengkulu, namun sejak setahun terakhir kasda berpindah ke BSI. 

Kategori :