Aplikasi Anak Bengkulu Tembus Startup Nasional

Jumat 18-01-2019,08:47 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Bengkulu patut berbangga, pasalnya salah satu aplikasi buatan Putra Bengkulu, Kaseri atau yang akrab disapa Heri, berhasil menembus startup Nasional. Bahkan sejak dirilis pada Mei 2018 lalu, Aplikasi yang dinamai \"Jago\" ini tidak hanya terkenal di Bumi Rafflesia akan tetapi telah melanglang buana hingga ke DKI Jakarta.

Pasca mulai dijalankan versi pertamanya, Jago mendapatkan respon positif dari masyarakat, bahkan Pemerintah DKI Jakarta mendukung aplikasi ini bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat dan akan disinergikan dengan program OK OCE-nya. Dukungan tersebut dilakukan mengingat, aplikasi ini diperkirakan mampu menekan angka pengangguran di berbagai daerah termasuk Jakarta dan Bengkulu.

\"Jadi Kami akan menfasilitasi mereka yang masih menganggur tersebut dengan memanfaatkan Aplikasi Jago agar bertemu dengan pengguna jasa sesuai dengan keahlian masing-masing. Artinya, waktu saya buat aplikasi ini, terbesit dalam hati, jika Aplikasi Jago sudah berjalan, maka saya dapat menjawab persoalan pengangguran tersebut,\" kata Heri, kemarin (13/1).

Seperti diketahui, Aplikasi Jago memiliki 16 fitur yang dapat mempertemukan antara penyedia jasa dan pengguna jasa. Adapun ke 16 fitur tersebut, diantaranya Jago AC, Jago Listrik, Jago CCTV, Jago Laundry, Jago Sumur Bor, Jago Pangkas, Jago Elektronik, Jago Angkut, Jago Pijat, Jago Bekam, Jago Clean, Jago Service Mobil, Jago Service Motor dan Jago Foto atau fotografer.

Akan tetapi, 16 fitur layanan tersebut hanya sementera dan masih dapat ditambahkan atau sesuai dengan daerah operasional masing-masing, karena setiap daerah pasti berbeda-beda jasa yang dibutuhkan. Sehingga Aplikasi ini sangat fleksibel sesuai kebutuhan daerah.

\"Jadi, melalui aplikasi Jago membuat masyarakat semakin mudah, karena aplikasi ini mampu mempertemukan antara penjual jasa yang punya keahlian (skill) kepada para pengguna yang membutuhkan jasa,\" tutur Heri.

Kemudahan akses tersebut diharapkan dapat semakin membuat aplikasi Jago semakin populer di Masyarakat. Bahkan demi mewujudkan hal tersebut, beberapa investor dari luar Bengkulu telah diajak bergabung dalam mengembangkan aplikasi Jago ini yaitu PT Sains Solusi Global.

Tidak hanya itu, pada 2019 ini, sebanyak 6 investor lain dari Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Palembang, dan Makassar juga tertarik mensponsori perkembangan aplikasi ini. Dengan begitu perkembangan aplikasi ini akan menjangkau seluruh pelosok di Indonesia.

Terlebih lagi, lanjut Heri, sekarang era sudah mengarah ke serba online, cara konvensional sudah mulai banyak ditinggalkan oleh orang zaman sekarang. Masyarakat cenderung ingin semua yang serba mudah, cepat, dan instant sehingga aplikasi Jago diharapkan menjadi jawaban yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. \"Dengan mendownload aplikasi Jago para pengguna dan pemberi jasa dipertemukan dengan mudah, cepat, serta instant sehingga diharapkan menjadi jawaban di era yang sudah serba online seperti sekarang,\" tutur Heri.

Heri juga berharap inovasi-inovasi semacam ini dapat dimanfaatkan lebih baik lagi oleh masyarakat bahkan pemerintah, khususnya provinsi Bengkulu sebagai salah satu solusi mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan masyarakat. Kedepannya Heri juga berharap aplikasi Jago dapat meningkatkan keselamatan kerja penyedia jasa dan pengguna jasa sehingga dapat memberikan layanan terbaik untuk masyarakat

\"Kami berharap kedepannya pemerintah terus mendukung pengembangan inovasi sejenis yang diharapkan bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat banyak, terutama masyarakat Bengkulu dan bahkan semua masyarakat Indonesia,\" tutup Heri.(999)

Tags :
Kategori :

Terkait