Wajib Diketahui Penyebab Remote TV Tak Berfungsi Meski Sudah Ganti Baterai, Ini Cara Atasinya

Wajib Diketahui Penyebab Remote TV Tak Berfungsi Meski Sudah Ganti Baterai, Ini Cara Atasinya

Cara memperbaiki remote tv yang tidak berfungsi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terkadang kita terlalu cepat mengambil keputusan bahwa remot TV kita telah rusak, padahal sudah dicoba ganti dengan batrai yang baru namun masih tetap saja tidak berfungsi.

Sebelum memutuskan untuk membeli remot TV yang baru karena remot yang lama tidak bisa dipakai, sebaiknya perlu dicek kembali apakah remot tersebut betul-betul rusak atau belum.

Perlu diketahui bahwa Remote TV berfungsi untuk mengatur terlevisi dari jarak jauh tanpa perlu menekan tombol-tombol di panel TV secara manual. Seperti mengganti program TV, volume, dan lainnya. Remot TV biasanya ditenagai dengan baterai agar fungsinya berjalan dengan baik. 

Saat fungsi remot berkurang maka dipastikan daya baterai sudah habis. Maka dari itu Anda perlu mengganti baterai remote sesuai dengan tipe dan jenis yang digunakan. Namun setelah diganti tak jarang remote pun masih tidak berfungsi. Bisa jadi karena penempatan baterai yang tidak cocok, tempat baterai yang kotor, dan lainnya.

BACA JUGA:Ini Dia Aplikasi Pencatat Pengeluaran Terbaik untuk Mengontrol Keuanganmu!

Maka dari itu selengkapnya berikut ini ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi remote TV tak berfungsi meski sudah diganti baterai.

Baterai tidak dipasang dengan benar Periksa kembali baterai baru yang baru dipasang di remote TV. Pastikan untuk mengecek kemabli terminal positif (+) dan negatif (-) sesuai dengan tanda yang sesuai pada remote. Bisa jadi remot tidak berfungsi karena peletakan baterai tidak sesuai. Selain itu periksa kembali tanggal kadaluwarsa baterai yang Anda gunakan. 

Tempat baterai kotor

Remote tidak berfungsi meski sudah mengganti baterai bisa jadi karena tempat baterai kotor. Maka dari itu cek bagian baterai dan bersihkan perlahan dari debu maupun serpihan kotoran lainnya. Bersihkan menggunakan kapas kering atau sikat gigi kecil. Apabila terdapat korosi dalam tempat baterai, maka celupkan kapas bersih ke dalam isopropil alkohol, kemudian bersihkan pelahan. 

BACA JUGA:Ini Dia Blackhawk, Helikopter Canggih yang Segera Dimiliki Indonesia

TV perlu diatur ulang

Cobalah untuk mengatur ulang TV Anda dengan mencabut kabel TV dari stopkontak, menunggu lima menit, dan mencolokkannya kembali. Apabila TV Anda memiliki program reset pabrik, maka cobalah untuk melakukan reset TV. Namun bisa jadi hal ini dapat menyesuaikan pengaturannya kembali.

Sensor remote TV kotor

Sama seperti tempat baterai kotor, bisa jadi sensor TV juga kotor terkena debu maupun hal lain yang dapt membut sinyal tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu cek bagian sensor TV dan bersihkan perlahan dengan tisu atau kapas kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: