Baznas Targetkan Capai Lebih Rp 3 Miliar Tahun Ini

Baznas Targetkan Capai Lebih  Rp 3 Miliar Tahun Ini

Bengkulu, Bengkulu Ekspress - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bengkulu, menargetkan tahun ini lebih Rp 3Miliar, karena pada tahun lalu kami telah mencapai target lebih pada tahun lalu.

Capaian tahun lalu itu membuat kami yakin untuk mencapai target pada tahun ini. Belum lagi terkait surat edaran dari Plt Gubernur untuk para ASN yang mewajibkan membayar zakat.

\" Tahun ini kita optimis mencapai target. Apalagi nanti sudah ada wacana dari Plt Gubernur terkait surat edaran untuk ASN (Aparatur Sipil Negara) pemotongan gaji langsung dalam halnya untuk zakat setiap bulannya,\" pungkas H.M. Ihsan Nasution, SH, wakil ketua l Baznaz Provinsi Bengkulu saat ditemui BE(22/2).

Terkait dengan surat edaran itu kami berharap nantinya, para ASN menjadi contoh dalam penekanan membayar zakat terkususnya zakat harta/ zakat maal. Karena mengapa, zakat maal itu merupakan kewajiban bagi yang beragama islam untuk membersihkam hartanya.

Zakat yang besarnya diwajibkan dibayar yakni 2,5 % dari hartanya. Karena mengapa, sebagian harta tadi ada sebagian dari hak orang lain yang membutuhkan.

\" Maka ASN yang gajinya Rp3,5 juta lebih sudah wajib mengeluarkan 2,5% dari gajinya,\" papar Ihsan.

Ihsan menambahkan, jika seluruh masyarakat Bengkulu mengeluarkan zakatnya, dalam setahun bisa mencapai Rp 500 M setahunnya. Ia berharap, nantinya masayarakat Bengkulu sadar akan kewajibanya membayar zakat tersebut. Sementara zakat yang diterima BAZNAS, nantinya disebar di kabupaten/kota.

\" Minggu lalu kita salurkan zakat tersebut di kabupaten Bengkulu Selatan sebesar Rp 320 juta, Rp 175 juta. Serta kabupaten lainnya seperti Benteng ( Bengkulu Tengah), Kepahiang, Rejang lebong, Muko-muko, Seluma, Kaur dan dua bulan lalu kita juga salurkan zakat tersebut ke pulau Enggano,\" tutupnya. (HBN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: