Ika Semaku Diharapkan Dapat Lestarikan Seni Budaya

Ika Semaku Diharapkan Dapat Lestarikan Seni Budaya

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Ikatan Keluarga Masyarakat Seluma Manna Kaur (Ika Semaku) resmi dikukuhkan pada oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Balai Raya Semarak, Sabtu malam (29/07/2017). Ika Semaku yang diketuai oleh Sumardi ini diharapkan dapat menjadi wadah pelestarian seni budaya dari tiga kabupaten yang tergabung didalamnya.

\"Selain memperkuat Silaturahmi antar masyarakat Seluma Manna Kaur. Ika Semaku juga diharapkan dapat membangkitkan kesenian dan kebudayaan yang berasal dari Kabupaten Seluma Manna Kaur seperti yang ditampilkan malam ini agar tidak punah,\" ujar Dewan Pembina Ika Semaku, Dewi Coryati usai menghadiri pengukuhan.

Dikatakan Anggota Komisi X DPR ini, setiap kabupaten yang tergabung dalam Ika Semaku memang memiliki potensi - potensi di bidang seni dan budaya khas daerahnya.

\"Kami berharap ini cikal bakal untuk meningkatkan melestarikan kebudayaan daerah,\" katanya.

Tak hanya itu, Politisi PAN tersebut juga meminta Ika Semaku terlibat dalam menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang sering terjadi antar kabupatan dengan cara yang bijak. Permasalahan tersebut seperti soal tapal batas yang sering menimbulkan konflik.

\"Sesuai dengan sila keempat, kita berharap semua permasalahan dapat diselesaikan dengan musyawarah mufakat,\" katanya.

Kemudian, ia juga berpesan sesuai dengan AD ART, Ika Semaku tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

Senada, Anggota DPR RI dari Dapil Bengkulu Elva Hartati yang juga sebagai Dewan Pembina  berharap Ika Semaku dapat menjaga kelestarian kebudayaan, seperti yang telah tertuang dalam Tri Sakti yang digagas Presiden pertama RI Soekarno.

\"Tri Sakti yang dimaksud, berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berbudaya dalam lingkup kebudayaan. Artinya jika bersatu padu semakin erat persaudaraan kita,\" katanya.

Sementara itu, Anggota DPD RI dari Dapil Bengkulu, Riri Damayanti mengungkapkan hadirnya IKA Semaku ini menunjukkan keanekaragaman budaya di Bengkulu yang berasal dari berbagai suku selalu kompak.

\"Terpenting dengan keanekaragaman itu bisa membuat persaudaraan masyarakat di Provinsi Bengkulu menjadi lebih erat. Jangan malah keanekaragaman itu menjadi pemicu perpecahan,\"  katanya.(Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: