150 Sekolah Terapkan Sekolah 5 Hari

150 Sekolah Terapkan Sekolah 5 Hari

CURUP, Bengkulu Ekspress - Sejak awal tahun ajaran 2017/2018 ini, setidaknya ada 150 sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu ini menerapkan sistem 5 hari sekolah. Demikian disampaikan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu, Sa\'adah Ridwan MPd saat berkunjung ke Rejang Lebong Selasa (25/7) kemarin.

\"Hingga saat ini sudah ada sekitar 150 sekolah di Bengkulu ini yang sudah menerapkan sekolah 5 hari,\" ungkap Sa\'adah. Menurut Sa\'adah, sebanyak 150 sekolah yang telah menerapkan 5 hari kerja tersebut mulai dari jenjang SD hingga SMA sederajat. Dimana menurutnya pelaksanaannya sudah dimulai di 10 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Sa\'adah, LPMP sangat mendukug program sekolah lima hari tersebut, khususnya bagi sekolah yang menerima bantuan pemerintah melalui LPMP Bengkulu. Senada dengan yang disampaikan Sa\'adah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs Ade Erlangga MSi, juga mengimbau seluruh sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu bisa melaksanakan 5 hari sekolah. Namun menurut Ade, dalam penerapannya harus sangat rinci, sehingga bisa berjalan dengan baik.

\"Selain itu, dalam pelaksanaan lima hari kerja ini, sekolah harus dibuat menyenangkan jangan monoton,\" pesan Ade. Selain itu, menurut Ade Erlangga, dalam pelaksanaan 5 hari kerja ini nanti, dimungkinkan ada orang luar yang masuk ke sekolah, ia mencontohkan seperti psikolog. Dimana menurut Ade psikolog ini nanti bisa membantu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Di sisi lain, Sekretaris MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong, Asep Suparman MPd, mengungkapkan hingga saat ini sudah ada empat SMK di Kabupaten Rejang Lebong yang telah menerapkan pola 5 hari kerja. Keempat SMK yang telah menerapkan 5 hari kerja tersebut yaitu SMKN 1 dan 3 Rejang Lebong. SMKN Bermani Ulu Raya dan SMKN Selupu Rejang.

\"Sisanya saat ini tengah dalam tahap pembahasan, termasuk yang SMEA saat ini masih dilakukan pembahasan di sesama SMEA,\" singkat Asep. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: