Harga Sawit Ditingkat Petani Cuma Rp 800/kg

Harga Sawit Ditingkat Petani Cuma Rp 800/kg

\"Petani

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Petani sawit di Kabupaten Mukomuko belum mendapatkan hasil yang maksimal dalam penjualan tandan buah segar (TBS) sawitnya. Pasalnya harga jual TBS yang dibeli pada tingkat pabrik dengan harga tertinggi Rp 1.300/kg. Sedangkan dibeli tingkat petani hanya sebesar Rp 800/kg.

“Harga tersebut ditingkat pabrik, sedangkan kami petani menerima dibawah harga tersebut. Ada juga yang menerima Rp 800/kg,” ujar Petani Sawit di Kecamatan XIV Koto, Wahyudi kepada Bengkulu Ekspress. Menurutnya, pemerintah dan pihak – pihak terkait harus lebih tegas. Ditambah lagi pabrik di daerah ini membeli TBS petani bervariasi.

“Harga TBS masih dikuasai oleh perusahaan. Ini dibuktikan harganya masih sangat bervariasi,” pungkasnya. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto melalui Kabid Perkebunan, Wahyu Hidayat didampingi Kasi Perizinan dan Budidaya Perkebunan, Sudiyanto membenarkan jikalau harga TBS yang dibeli petani oleh sejumlah pabrik di daerah tersebut bervariasi. Seperti di PT Sapta Rp 1150, KSM Rp 1200, MIL Rp 1.220, S3 Rp 1.230, SAP Rp 1.220, AMK Rp 1.235 dan DDP Ipuh/Lubuk Bento Rp 1.230 dan BMK Rp 1300/kg.

“Harga TBS yang dibeli pabrik rata – rata mengalami kenaikan Rp 20/kg dari sebelumnya,” ungkapnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: