1.383 Mahasiswa IAIN Bengkulu KKN

1.383 Mahasiswa IAIN Bengkulu KKN

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 1.383 Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka melaksanakan KKN tersebar di 3 kabupaten dalam Provinsi Bengkulu. Yakni di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Bengkulu Tengah (Benteng) dan Kabupaten Seluma, serta ada juga yang ke Negara Malaysia.

\"KKN Kali ini dibagi menjadi tiga kabupaten yaitu Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, dan seluma. Ada sekitar 1383 mahasiswa yang akan mengikutinya,\'\' Kata Ketua Panitia KKN, Kepala pusat pengabdian masyarakat yang sekaligus Wakil Dekan (Wadek) III Fuad IAIN Bengkulu Dr Irwan Satria MPd.

Untuk di Kabupaten Bengkulu Utara akan di bagi lagi di beberapa kecamatan diantaranya Air Napal, Lais, Batiknau, Ketahun, dan Pinang Raya. Untuk Bengkulu Tengah yaitu pondok kubang sedangkan untuk Kabupaten Seluma, Mahasiswa KKN akan ditempatkan di Air Periukan dan Sukaraja.

Selain KKN di daerah yang ada di Provinsi Bengkulu, IAIN juga mengadakan KKN kewirausahaan yang bertempat di PT. Alfafa di kabupaten Boyolali Jawa Tengah (Jateng) dan ke Negara Malaysia.

Acara pelepasan KKN kali ini langsung dipimpin Rektor IAIN Bengkulu, Wakil Rektor, Dekan FEBI, Dekan Syariah, dan Dekan Tarbiyah serta disambut langsung oleh camat dan kepala desa serta perangkatnya di kecamatan dan desa masing-masing.

KKN Kali ini dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya KKN Berbasis Masjid, KKN Kewirausahaan, dan KKN Luar Negeri di Malaysia. Untuk KKN berbasis masjid fokusnya pada bagaimana memfungsikan secara baik fungsi dan peranan dari masjid. Masjid bukan hanya tempat untuk beribadah akan tetapi ada fungsi yang lainnya. Diantaranya masjid bisa di fungsikan untuk kegiatan proses pendidikan, kegiatan interaksi sosial masyarakat, proses pemberdayaan ekonomi, serta fungsi-fungsi yang lainnya.

\'\'Kita adalah Perguruan Tinggi yang berbasis keagamaan untuk itu ciptakanla suasana keagamaan di tengah-tengah masyarakat,\'\' katanya.

Masih disampaikan Irwan, \"Misi dari KKN kali ini untuk mensyiarkan masjid.\'\' Hal itu dadasari konsep di perdesaan masih banyak masjid belum difungsikan secara maksimal. Nah, di sanalah tugas mahasiswa KKN IAIN Bengkulu, yang memiliki latar belakang keagamaan memfungsikan masjid itu sebagaimana mestinya.

KKN, mata kuliah intrakurikuler yang operasionalnya berbentuk kegiatan praktis. Kegiatanya dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, serta integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi IAIN Bengkulu. Tujuannya untuk membantu pemerintah, khususnya pemerintah desa dalam pembangunan bidang keagamaan dan sosial keagamaan Islam. Mensinergikan program akademik IAIN Bengkulu dengan pemerintah dan masyarakat guna mendapatkan umpan balik penyempurnaan sistem pendidikan IAIN Bengkulu.

\"KKN bagian dari proses yang diikuti mahasiswa setelah mereka mendapatkan materi dikampus dengan konsep pendidikan dan pengajaran. Ini bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengarah kepengabdian masyarakat,\'\' katanya

\'\'Pesan untuk mahasiswa KKN IAIN Bengkulu lakukanlah kegiatan KKN ini dengan sebaik-baiknya, Aplikasikanla ilmu yang didapat diperkuliahan di tengah masyarakat,\" ucap Irwan Satria. (Humas/Cik8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: