Tebat Gelumpai akan Ditata

Tebat Gelumpai akan Ditata

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Kondisi waduk atau biasa disebut Tebat Gelumpai yang berada di Kelurahan Tanjung Mulia, Pasar Manna, Bengkulu Selatan, selama ini kurang diperhatikan. Kondisinya dipenuhi eceng gondok, sehingga permukaan tebat tidak lagi terlihat. Asisten 1 Bupati Bengkulu Selatan (BS), Yunizar Hasan SH membenarkan, jika selama ini Tebat Gelumpai yang lokasinya di tepi jalan raya itu, kurang mendapat perhatian. Namun dirinya memastikan dalam waktu dekat Pemda BS akan melakukan penataan.

“Memang saat ini kurang diperhatikan hingga penuh dengan eceng gondok, namun kami menerencanakan dalam waktu dekat akan ditata kembali,” katanya. Yunizar mengaku, pihaknya akan membuang semua enceng gondok di dalam tebat tersebut supaya airnya kelihatan kembali. Kemudian akan dibangun lintasan jogging di sekeliling tebat.

“Kita upayakan adanya anggaran untuk pengelolaan Tebat Gelumpai, kalau bisa kita bangun lintasan di sekeliling tebat untuk jogging,” ujarnya. Ditambahkan Yunizar, untuk melakukan penataan tersebut, ia mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata BS. Sebab jika dikelola dengan baik, Tebat Gelumpai bisa menjadi objek wisata alternatif di BS. Pasalnya lokasinya berada di tengah-tengah kota. Selain itut akan mengumpulkan warga yang berada di sekeliling Tebat Gelumpai, untuk memastikan apakah mereka sudah menggunakan lahan Tebat Gelumpai atau tidak.

“Sebelum melakukan penataan, kami akan koordinasi dengan warga sekitar, untuk mengetahui apakah mereka sudah memakai sebagian lahan Tebat Gelumpai atau tidak, jangan sampai nanti saat ditata ada komplain dari warga,” demikian Yunizar. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: