Bangun Jalan Perkebunan

Bangun Jalan Perkebunan

\"ERBAGAI

BERBAGAI upaya dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Taba Pasemah, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk memaksimalkan penyerapan dana desa (DD) yang tahun 2017 ini. Salah satunya adalah membangun infrastruktur yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Seperti jalan usaha perkebunan yang berlokasi di Dusun II Desa Taba Pesemah.

\"Salah satu prioritas pembangunan kami pada tahun ini adalah pembangun badan jalan menuju perkebunan warga,\" ungkap Kepala Desa (Kades) Taba Pasemah, Bushari. Lebih lanjut Bushari menjelaskan, jalan ini memang sudah lama diingunkan oleh masyarakat. Bahkan, pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan usulan ke pemerintah daerah (Pemda) melalui instansi terkait agar bisa dibangun dengan menggunakan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

\"Sebelum ada DD, usulan pembangunan jalan perkebunan memang sudah beberapa kali dilayangkan. Meski tidak bisa diakomodir dari APBD, pembangunan bisa kami wujudkan dengan menggunakan kucuran DD tahun 2017 ini,\" ujarnya. Meskipun demikian, lanjutnya, keterbatasan dana yang dimiliki membuat pihaknya tidak bisa bergerak secara maksimal. Sesuai dengan rencana, jalan perkebunan baru akan dibangun sepanjang 2 kilometer.

\"Proses pembukaan badan jalan baru mulai dilakukan sejak pertengahan bulan Juli tahun 2017. Keterlambatan pembangunan terjadi dikarenakan pencairan DD disebabkan karena keterlambatan pencairan DD,\" ungkapnya. Menurut Bushari, pada tahun 2017 ini pihaknya mendapatkan DD sebesar Rp 759 juta dan akan digunakan untuk berbagai pembangunan fisik. Menghindari terjadinya penyimpangan anggaran, pihaknya telah memasang rincian penggunaan DD berikut besaran pendapatan dan belanja desa tahun 2017 ini.

\"DD akan kita gunakan secara maksimal. Selain jalan perkebunan, kami pun akan membangun jalan lingkungan, pagar PAUD serta gorong-gorong,\" tutupnya.(135)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: