Ini Dia, Hasil Perolehan Suara Cakades Kabupaten Seluma

Ini Dia, Hasil Perolehan Suara Cakades Kabupaten Seluma

TAIS, Bengkulu Ekspress - Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak telah dilaksanakan di Kabupaten Seluma, kemarin (20/7). Sebanyak 60 kades terpilih dari 160 calon yang bertarung, bakal dilantik pada September mendatang. Hasil pilkades, kades dibeberapa desa sudah dilaporkan. Nama-nama cakades terpilih pun sudah bisa diketahui.

“Memang ada yang sudah melakukan penghitungan dan kades terpilihpun sudah ada. Secepatnya laporan akan diminta kepada panitia desa. Direncanakan pelantikan akan dilakukan awal September mendatang.”tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zaimi Tuhib Mpd melalui Kabid pemerintahan Desa Arlan Aksa SSos kepada BE kemarin (20/7).

Zaimi menjelakan, bila dalam pe nghtiungan perolehan suara masing cakades terdapat jumlah suara sama banyak, maka diharapkan pemenangnya ditetapkan berdasarkan perda yang telah ada. Dengan memilih satu dari mereka yang suaranya sama tersebut, berdasarkan data pemilih tetap (DPT) terbanyak di lingkungan tempat tinggal calon kades tersebut. Jika tetap sama, maka ditetapkan berdasarkan penetapan dan keputusan Bupati Seluma, selaku kepala Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma.

“Mekanisme untuk perolehan suara draw atau sama banyak ini, berdasarkan peraturan daerah perda yang telah ada. Perda tersebut diharapkan menjadi acuan panitia pilkades,” terangnya. Bila ada sengketa dalam pilkades, maka dilakukan pemilihan ulang atau dilanjutkan pada pilkades tahun mendatang. Sebelum langkah itu dilakukan, terlebih dahulu diselesaikan Pemerintah

Daerah Kabupaten Seluma “Kita berharap pemilihan sekarang berjalan lancar tanpa ada yang menggugat,”singkatnya.

Pantauan Bengkulu Ekspress pada perhelatan pilkades kemarin (20/7), sejumlah kepala desa incumben yang kembali mencalonkan diri tumbang. Tak lagi dipilih mayoritas warganya. Barisan kades itu seperti, pada desa Cahaya Negeri, Selinsingan. Sementara itu, dari data yang diperoleh, beberepa desa yang sudah melaporkan hasil pilkades serentak, yakni Desa Muara Danau Kecamatan Talo dimenangkan oleh Aplis Mudin dengan perolehan suara 80 suara,Kemudian Desa ebat Sibun dimenangkan oleh Ujang Jahari dengan suara 105. Desa Talang Kemang Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dimenangkan oleh Buharlan dengan perolehan suara sebanyak 249 suara. Desa Padang Merbau Kecamatan Seluma Selatan yang dimenangkan Sasyadi dengan perolahan suara 221.Kemudian Desa Napal Melintang Kecamatan Talo Kecil dimenangkan oleh Arto Artono dengan perolehan suara sebanyak 115 suara. Sedangkan untuk Simpang Tiga Pagar Gasing dimenangkan oleh Zurlan dengan 150 suara. Selanjutnya untuk Desa Serian Bandung dimenangkan oleh Arobin Budiono dengan 150 suara. Desa Sukamerindu Muklisman dengan perolehan suara 271 suara. Desa Selinsingan Siswandi dengan perolehan suara 272 suara. Berikutnya Desa Kota Agung dimenangkan oleh Bana Rusdi dengan perolehan suara 183 suara. Desa Bukit peninjauan (BP) II Titik Winarti dengan perolehan suara sebanyak 381 suara serta desa Chaya negeri dimenangkan oleh nazirwan dengan perolehan suara 674 suara dengan menangalahkan Evan efrianto dengan suara sebanyak 542 suara. Hasil perolehan suara calon kepala desa di desa lainnya hingga tadi malam masih dalam proses penghitungan dan pengecekan, sekaligus pelaporan oleh panitia pilkades masing-masing desa penyelenggara pilkades. (333)

Grafis Perolehan Suara Calon Kepala Desa

Kecamatan Talo a. Desa Muara Danau - Aplismudin mendapatkan 80 suara - Grapun Zeplin (78) Surat suara batal (51) Surat suara terpakai (209)

b. Simpang Tiga Pagar Gasing - Inusiawati (88) - M. Roni (110) - Zurlan (150) Surat suara batal (79) Surat suara sah (428)

c. Napal Melintang - Arto Artono (115) - Asep Suprianto (43) - Paidi (46)

II. Kecamatan Talo Kecil a. Desa Tebat Sibun - Olopon Siregar (34) - Ujang Jahari (105) - Lisman (35) - Ramlan (92) - Fepen Sandri (76) Surat suara sah (342) Surat suara batal (1)

b. Desa Suka Merindu - Syafrudin (183) - Sri Andayani (162) - Muklisman (271) - Nursalin (41)

III. Kecamatan Semidang Alas Maras a. Desa Talang Kemang - Buharlian (249) - Warman (30) Surat suara sah (270) Surat suara tidak sah (61)

b. Serian Bandung - Sedihandi (114) - Mawardi (59) - Arobin Budiono (150) - Mahdian Herosdi (17) - Ruskin (111)

c. Karang Anyar - Apsin (35) - Zainal Asikin (156) - Sri Pawan Sahadi (30) - Emelzen (128) - Kasirun (48)

IV. Kecamatan Seluma Selatan a. Desa Padang Merbau - Sasyadi (221) - Zanjuli Anuar (140) Surat suara tidak terpakai (25) Surat suara rusak (3) Surat suara batal (144)

V. Kecamatan Air Periukan a. Desa Lubuk Gilang - A Razik (161) - Joko Asmadi (383) Surat suara tidak sah (13)

VI. Kecamatan Sukaraja a. Desa Bukit Paninjauan II - Suryanto, SE (40) - Mugiyanto (362) - Tatik Winarti, SPdi (381) - Dwi Ratna Fitri, S.Sos (146)

b. Cahaya Negeri - Nuzirwan Miril (674) - Evan Efrianto (542) - Jasmin, S.Sos (143) Surat suara batal (26)

VII. Kecamatan Seluma Timur a. Kota Agung - Petriana Gustinsia (96) - Marwan Suparsi (104) - Bana Rusdi (103) - Subari Supardi (148) - Epzen Mulyadi (82)

VIII. Kecamatan Seluma Utara a. Desa Selingsingan - Edwar (18) - Rasmin (44) - Arsid (109) - Hasdi (48) - Saswandi (272)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: