Kecamatan Kota Tak Dapat Bantuan Sapi

Kecamatan Kota Tak Dapat Bantuan Sapi

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress –  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Eddy Apriyanto SP MSi dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, memastikan jika kelompok tani (Poktan) di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko tidak akan mendapatkan bantuan sapi dari pemerintah. Selain jumlah bantuan tersebut sangat terbatas, juga dalam rangka mendukung terkait Kota Mukomuko bebas dari hewan ternak yang berkeliaran di fasilitas umum (Fasum).

“Khusus kelompok tani yang berada di jalan lintas barat, tepatnya wilayah pusat ibukota dipastikan tidak akan mendapatkan bantuan sapi ternak,” katanya.

Selain kota, kata Eddy, termasuk di wilayah Kecamatan Air Dikit dan Ipuh. Ketiga wilayah kecamatan itu di nilai masih banyak ditemukan hewan ternak yang di lepasliarkan di fasilitas umum.

“Khusus kelompok wilayah kecamatan kota, kelompok yang berada di pinggir  jalan lintas. Jika kelompok tersebut  jauh dari pusat ibukota.  Kelompok itu akan dipertimbangkan untuk mendapatkan bantuan tersebut. Dengan catatan kelompok itu benar – benar akan memelihara dengan baik dan tidak  di lepasliarkan. Pun dengan kelompok di wilayah kecamatan lainnya,” bebernya.

Bantuan sapi bali tahun ini bersumber dari APBD Kabupaten jumlahnya sebanyak 2 sapi jantan dan 15 betina. Keseluruhan jumlah tersebut hanya diperuntukan bagi dua kelompok.

“Yang mengajukan proposal banyak. Saat ini tengah diverifikasi  dan hanya di peruntukan 2 kelompok tani saja,” bebernya. Sedangkan untuk kelompok lainnya  masih ada peluang untuk mendapatkan bantuan  sapi yang anggarannya bersumber dari APBN. Namum pihaknya belum dapat menyampaikan berapa jumlah bantuan tersebut. Karena masih menunggu koordinasi lebih lanjut dari pusat.

“Tahun ini daerah kita juga akan mendapatkan bantuan sapi yang anggarannya dari APBN. Pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut seperti berapa jumlah bantuan sapi tersebut yang diperuntukan petani dan dilakukan secara bergulir tersebut,” lanjutnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: