September, Pengadilan Agama Beroperasi

September, Pengadilan Agama Beroperasi

TAIS, Bengkulu Ekspress - Awal  September ini, Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Seluma mulai beroperasi. Siang kemarin (29/8) tim dari Pengadian Agama Tinggi (PAT) menemui Bupati Seluma  H Bundra Jaya SH MH dan meninjau langsung lokasi pembangunan Kantor PA termasuk mengunjungi bangunan sementara PA di Tais.

“Segera dibuka sebanyak empat Pengadilan Agama, termasuk Seluma. Di Seluma lahan untuk pembangunan kantor PA sudah disiapkan,” tegas Humas PAT Bengkulu Drs H Mansur SH MH kepada BE kemarin (29/8).

Dibukanya PA Seluma tersebut sesuai instruksi Mahkamah Agung (MA) yang sudah memerintahkan membuka PA baru di Provinsi Bengkulu. Yakni untuk Kabupaten Seluma, Kemudian Kabupaten Kaur, Kepahiang dan Mukomuko.

Tim PAT Bengkulu meninjau langsung lokasi pembangunan gedung PA di Seluma. Hasil pemeriksaan kesiapan lahan itu dilaporkan ke MA. Karena pembangunannya diserahkan langsung padah MA, serta dikerjakan oleh MA sendiri melalui anggaran pusat. Pembangnan PA tersebut tanpa merepotkan anggaran daerah maupun provinsi. Kemudian selama gedung yang akan dibangun belum siap. PA Seluma tetap beroperasi mulai awal September ini.

Selama gedung PA belum selesai disiapkan kantor PA sementara agar pelayanan bagi masyarakat tetap bisa terlaksana.

“Untuk sementara waktu akan menempati gedung pinjaman dari Pemkab Seluma gedung bekas Panwaslu Seluma yang sebelumnya juga digunakan sebagai gedung Pengadilan Negeri (PN) Tais,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma Irihadi MSi mengatakan, Pemkab Seluma sudah menyiapkan lahan seluas 6000  meter persegi untuk pembangunan PA. Lahan ini berada di kawasan Mandi Angin Kecamatan Seluma. Berdekatan dengan komplek rumah dinas TNI serta BPS Seluma.

“Lahan yang dihibahkan untuk PA lahan milik Pemkab Seluma yang sudah lama dibebaskan, jadi tinggal proses hibahnya saja,” tegas Sekda Seluma.

Sekda menegaskan, dengan berdirinya PA Tais, maka masyarakat di Kabupaten Seluma yang berurusan dengan PA tidak perlu lagi harus mendatangi PA Manna, seperti selama ini.

\"Ini bagian dari pelayanan publik dan harus direspon dengan baik. Untuk lahan sudah kita siapkan hanya tingga pernyataan hibah dan sertifikat saja,”singkatnya kemarin. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: