25 Desa dan Kelurahan Dibangun

25 Desa dan Kelurahan Dibangun

 CURUP, BE - Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III tahun 2016 akan bergulir di Rejang Lebong. Untuk program Pamsimas III ini akan menyasar pembangunan di 25 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Untuk Pamsimas III ini, kegiatan akan kita lakukan yaitu di 25 desa dan kelurahan yang ada di Rejang Lebong,\" kata Koordinator Pamsimas Kabupaten Rejang Lebong, Nofrizen usai kegiatan sosialisasi Pamsimas III di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Kamis (28/7) kemarin.

Menurut Nofrizen, dari 25 desa dan kelurahan tersebut, 10 diantaranya adalah desa atau kelurahan baru, kemudian 8 desa dan kelurahan adalah peningkatan dan 7 sisanya adalah perluasan. Adanya perluasan tersebut, karena program Pamsimas di Rejang Lebong sendiri sudah berjalan sejak tahun 2014 lalu. Dimana pada tahun 2014 sebanyak 10 desa dan kelurahan yang dibanguan sedangkan pada tahun 2015 ada 10 desa dan kelurahan juga yang disentuh program dari pemerintah pusat ini.

Terkait dengan 25 desa dan kelurahan yang akan disentuh program Pamsimas tahun 2016 ini, menurut Nofrizen saat ini belum ditentukan karena saat ini tengah dalam proses seleksi. Selain itu ia juga mengakui saat ini baru ada 15 desa dan kelurahan yang ada di Rejang Lebong yang berminat untuk mendapatkan bantuan tersebut.

\"Program Pamsimas ini kita lakukan di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,\" tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nofrizen juga menjelaskan bahwa, pelaksanaan program Pamsimas adalah program untuk menyediakan sarana air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat. Dana yang digunakan untuk program ini adalah dana sharing yaitu antara pemerintah baik pusat maupun daerah. Kemudian dana masyarakat dan dana dari Desa.

Dijelaskan Nofrizen, untuk dana yang bersumber dari APBN atau APBD besarannya sebesar 70 persen. Kemudian untuk dana dari masyarakat sebesar 20 persen dan 10 persennya berasa dari APBDes.

\"Untuk dana masyarakat ini dipecah menjadi dua yaitu 16 persen tenaga kerja dan sisanya 4 persen merupakan uang tunai,\" jelasnya

Disisi lain, Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kabupaten Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT yang membuka kegiatan sosialisasi berharap agar pembangunan yang dilakukan Pamsimas di Rejang Lebong tersebut bisa berjalan dengan lancar dan yang terpenting menurut Sekda apa yang dibangun melalui program Pamsimas ini bisa berlanjutan.

\"Saya berharap masyarakat bisa menjaga apa yang dibangun oleh Pamsimas ini, jangan sampai hanya bertahan setahun saja, namun akan terus menurus,\" harap Plt Sekda.

Lebih lanjut Plt Sekda mengungkapkan, dengan adanya dana sharing dari masyarakat dan desa ini diharapkan bisa menggugah hati masyarakat untuk merasa memiliki sehingga bisa menjaga apa yang dibangun melalui Program Pamsimas ini sehingga bisa bertahan lama.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: