Cuaca Ekstrem, Harga Ikan Naik Hingga 100 Persen

Cuaca Ekstrem, Harga Ikan Naik Hingga 100 Persen

IPUH, BE – Harga ikan hasil tangkapan nelayan di wilayah perairan Ipuh mengalami kenaikan yang signifikan yang mencapai 50 persen dari harga biasanya. Kenaikan itu dipicu cuaca ekstrem yang terjadi dan mengakibatkan banyak nelayan yang memilih memarkirkan kapalnya dibanding untuk pergi melaut. \"Sekitar 2 minggu terakhir dari ratusan kapal hanya beberapa nelayan saja yang masih tetap melaut,\" terang Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan Kecamatan Ipuh, Ramli.

Saat ini, harga udang putih dari Rp 40 ribu/kg naik menjadi Rp 80 ribu/kg, ikan gembolo Rp 25 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu/kg, ikan tongkol Rp 20 ribu/kg menjadi 35 ribu/kg dan hasil-hasil laut lainnya juga mengalami kenaikan. Harga itu akan kembali normal jika cuaca kembali bersahabat dan nelayan sudah banyak kembali melaut. \"Jika cuaca masih seperti ini terus, tidak menutup kemungkinan terus terjadi lonjakan harga,\" bebernya.

Bagi nelayan yang memarkirkan kapalnya, saat ini mengisi waktu dengan memperbaiki peralatan tangkap dan ada juga turun ke sawah untuk menanam padi.

\"Harapan kami cuaca akan kembali normal sehingga para nelayan tetap bisa menjalankan aktifitasnya untuk mencari nafkah seperti biasanya,\" tukasnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: