18 Poktan Dapat Sapi dan Kambing

18 Poktan Dapat Sapi dan Kambing

\"Ary,

CURUP, BE - Setelah dilakukan penyeleksian tehadap penerima bantuan ternak dari Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. 18 kelompok tani yang ada di Rejang Lebong akan mendapat bantuan ternak bergulir berupa sapi dan kambing.

\"Yang mengajukan usulan untuk mendapat bantuan ini cukup banyak, namun setelah kita lakukan seleksi Calon Peternak Penerima dan Calon lokasi atau CPCL maka yang bisa menerima hanya 18 kelompok tani ini,\" ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Rejang Lebong, Ir Amrul Eby MM usai memberikan pembekalan terhadap para penerima bantuan di aula Disnakan Rejang Lebong, kemarin (25/2).

Menurut Eby, dari 18 kelompok tersebut dibagi menjadi dua jenis bantuan yaitu sembilan kelompok mendapat bantuan ternak jenis sapi dan sembilan kelompok mendapat bantuan ternak jenis kambing. Ke-18 kelompok penerima bantuan ini berasal dari seluruh Kecamatan yang ada di Rejang Lebong.

Untuk teknis penerimaannya, menurut Eby bagi yang mendapatkan sapi, satu orang disetiap kelompoknya akan mendapatkan satu ekor sapi jenis sapi bali. Dengan total bantuan sapi yang diberikan sebanyak 156 ekor. Sedangkan untuk bantuan ternak kambing, satu orang dalam satu kelompoknya akan mendapatkan dua ekor kambing jenis peranakan etawa, dengan total keseluruhan kambing yang akan diberikan kepada sembilan kelompok tersebut sebanyak 310 ekor sapi.

\"Meskipun pemberian bantuan ini dengan melihat anggota masing-masing kelompok, namun untuk pengelolaannya tetap dilakukan melalui kelompok,\" jelas Eby.

Masih menurut Eby, bantuan yang diberikan ini merupakan bantuan bergulir dari pemerintah Provinsi Bengkulu. Jangka waktu yang diberikan kepada masing-masing kelompok untuk mengembangkan selama tiga tahun. Bisa sudah selesai waktunya, maka masing-masing kelompok diwajbkan mengembalikan ternak sesuai dengan jumlah yang mereka terima nanti, karena menurut Eby nantinya bantuan ini juga akan diberikan kepada kelompok lainnya yang ada di Rejang Lebong.

\"Nanti yang dikembalikan kepada kita adalah anak dari hasil pengembangan ternak yang mereka lakukan,\" papar Eby.

Semantara itu, kegiatan sosialisasi yang mereka lakukan kemarin menruut Eby merupakan salah satu langkah untuk meminimalisiri kegagalan kelompok dalam mengelola ternak yang diberikan. Karena menurut Eby dalam kegiatan tersebut para calon penerima bantuan diberikan pemahaman mulai dari persiapan kandang, pakan hingga pengobatan ternak nantinya. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan para peternak bisa berhasil mengembangkan sapimaupun kambing yang telah diberikan.

\"Kegiatan ini juga merupakan salah satu syarat para peternak kita ini mendapat bantuan, untuk realisasi penyerahan bantuan ini akan kita lakukan dalam waktu dekat ini, kemungkinan besar akan kita lakukan minggu depan ini,\" akhir Eby. (251)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: