Sewa Lapak Pantai Panjang Rp 20 Ribu

Sewa Lapak Pantai  Panjang Rp 20 Ribu

BENGKULU, BE - Objek wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu akan disewakan kepada warga yang ingin merayakan tahun baru 2013. Perhimpunan Pedagang Pantai Panjang (P4) menyewakan Rp 15-20 ribu per lapak dengan ukuran 4x5 meter.    Hasil sewa lapak ini nantiya akan disetor ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bengkulu untuk dimasukkan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

\"Kami telah mendapatkan kuasa dari Disparbud kota untuk menjadi pihak pengelola Pantai Panjang pada perayaan tahun baru. Setelah memperhitungkan dengan matang, maka kami pun memutuskan bahwa lapak untuk mengadakan kegiatan pada malam tahun baru itu dikenakan tarif antara Rp 15 sampai 20 ribu,\" kata Ketua P4, Sasmito.

Ia menjelaskan, Pantai Panjang yang akan dikenakan tarif itu yakni mulai dari depan Pasir Putih hingga ke depan lapangan Sport Center.  Di kawasan tersebut pihaknya tidak menyiapkan tenda, melainkan hanya menyiapkan lapak atau tempat dengan ukuran 4x5 meter. \"Nanti silakan pengunjung sendiri yang memasang tendanya atau membentangkan tikar, kami hanya menyediakan lokasinya saja,\" ujarnya.

Disinggung soal jumlah setoran yang akan diberikan pihaknya kepada Disparbud Kota, Sasmito belum berani menyebutkan angkanya. Hal ini dikarenakan pihaknya mengkhawatirkan akan terjadi hujan, sehingga pengunjung pun akan sepi. \"Kalau ditetapkan sekarang, takutnya target itu tidak tercapai, sehingga kami berinisiatif menghitungnya setelah perayaan tahun baru saja agar lebih jelas dan akurat,\" sampainya.

Menurut analisanya, uang yang berhasil dikumpulkan dari hasil sewa lapak tersebut paling tinggi sekitar Rp 5 juta.  Hal ini berpedoman pada tahun-tahun sebelumnya, pengunjung lebih suka merayakan tahun baru dengan menumpang di pelataran tempat duduk uang sudah disediakan pedagang atau hanya berkumpul-kumpul di atas pasir sembari menyiapkan kembang api untuk dilepas tepat pukul 00.00 WIB.

\"Kalau masalah jumlah yang akan kita setor ke Dinas Pariwisata, nanti kita hitung saja berapa jumlah total pendapatan dikurangi uang lelah untuk kami, itulah yang akan kami serahkan ke pemerintah,\" tandasnya.(400) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: