UPKD Penggerak Perekonomian Desa

UPKD  Penggerak Perekonomian Desa

KEBERADAAN Unit Pengelola Keuangan Desa (UPKD) Berlian Jaya di Desa Bukit Berlian Kecamatan Napal Putih dinilai positif sebagai salah satu lembaga penyedia modal untuk usaha ekonomi produktif warga. Masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan proses pinjam modal, yang selanjutnya dapat mendukung usaha-usaha kecil yang dikembangkan oleh warga. \"Keberadaan UPKD Berlian Jaya sangat membantu masyarakat terutama yang ingin mengembangkan usaha ekonomi produktif,\" kata Sekdes Berlian Jaya, Efendi .

Mengingat pentingnya keberadaan salah satu lembaga ekonomi yang ada di desanya ini, pemerintah desa mendukung penuh perkembangan UPKD. “Sejak 2004 kemampuan memberikan pinjaman hanya berkisar 1 Juta berasal dari Proyek BRDP ini, sekarang sudah bisa memberikan pinjaman modal hingga 10 juta ,\" lanjutnya.

Saat ini sekitar 80 nasabah aktif  UPKD sangat bergantung dan merasakan manfaat bermitra usaha melalui UPKD. Selain manfaat yang diberikan UPKD, dalam perkembangannya telah mampu membangun gedung kantor sendiri dengan aset bangunan kurang lebih senilai 90 juta di atas tanah yang dihibahkan oleh desa. (***).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: