Dirikan KPA Hingga Kecamatan

Dirikan KPA Hingga Kecamatan

BENGKULU, BE - Meningkatnya penularan HIV/AIDS di  Bengkulu, sangat  memprihatinkan. Data dari KPA pengidap HIV/AIDS  sudah mencapai ratusan orang. Sehingga penyebarannya harus diwaspadai.  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD)  Provinsi Bengkulu akan  menerapkan  program penanggulangan HIV/AIDS di masyarakat.

\"Kita saat ini  sedang berkoordinasi dengan Kesra dari seluruh kabupaten untuk menjalankan  fungsi penanggulangan HIV/AIDS,\" kata Kepala BPMD Provinsi, Khalid Agustin.

Dikatakannya, KPA di kabupaten bersama BPMD di kabupaten akan membentuk Posko KPA di tingkat kecamatan  se-Provinsi Bengkulu. Hal tersebut  untuk melakukan pencegahan, Sebab,  epidemi penularan HIV/AIDS di  desa-desa terpantau dan  bisa ditangani. Sebab itu perlunya kerja keras dan penanganan secara bersama semua elemen masyarakat.   Termasuk nanti dari perwakilan korban atau orang dengan HIV/AIDS (ODHA).  Sedangkan  untuk anggaran dana penangulangan HIV/AIDS melalui pemberdayaan masyarkat sudah dianggarkan di  APBN.

\"Kemendagri sudah menginstruksikan BMPD untuk membantu penangulangan HIV/AIDS,\" katanya. Ia mengatakan BPMD ini punya masyarakat binaan  sehingga bisa diberdayakan sebagai  jaringanya di desa. \"Kita lakukan untuk mengingatkan kembali masyarkat akan bahaya HIV/AIDS yang belum ada obatnya hingga hari ini, sehingga harus diwaspadai oleh masyarakat Bengkulu,\" katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Drs H  Asnawi  A Lamat MSi  meminta pengurus Komisi Penanggulangan AIDS yang beranggotakan 24 instansi dan lembaga untuk lebih serius menekan angka penularan dan memutus mata rantai penyebaran virus HIV/AIDS.

\"Dengan jumlah angka yang tertular HIV/AIDS sebanyak 500 orang pada Agustus 2012 peningkatannya cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya yang 350 orang,\" katanya.

Asnawi mengatakan, jumlah penderita HIV/AIDS merupakan tanggung jawab semua pihak namun ia mempertanyakan program yang telah dilaksanakan KPA. Ia berharap dengan angka 500 jiwa yang terinveksi HIV/AIDS tidak akan bertambah lagi justru dapat ditekan. (100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: