Brazil Kerahkan 170 Ribu Tenaga Keamanan di Piala Dunia

Brazil Kerahkan 170 Ribu Tenaga Keamanan di Piala Dunia

SAO PAULO - Brazil memang banyak mendapat sorotan tajam karena tak bisa menyelesaikan pembangunan stadion sesuai dedaline FIFA. Namun, Brazil juga layak dipuji dengan langkah yang diambil untuk mengamankan Piala Dunia 2014.

Negeri Samba -julukan Brazil- mengerahkan kurang lebih 170 ribu tenaga keamanan. Jumlah itu terbagi menjadi dua bagian. Sebanyak 150 ribu tenaga keamanan diambil dari kepolisian dan militer.

Sementara sisanya merupakan keamanan swasta. Jumlah itu meningkat tajam dibandingkan pada Piala Konfederasi 2013 lalu. Saat itu, Brazil hanya menerjunkan kurang lebih 50 ribu tenaga keamanan.

\"Perhatian kami adalah untuk mencegah kerusuhan dan memerangi vandalisme,\" terang Sekretaris Nasional Piala Dunia, Andrei Rodrigues di laman resmi FIFA.

Menurut Rodrigues, jumlah itu terlihat sangat wajar. Sebab, Brazil memang tengah mendapat ancaman demo besar-besaran dari warganya. Hal itu sudah terlihat pada Piala Konfederasi lalu.

Ketika itu, warga Brazil terus turun ke jalan untuk memprotes turnamen tersebut. Kebutuhan tenaga keamanan dalam jumlah yang masif menjadi lebih penting karena Piala Dunia akan digeber di 12 kota. (jos/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: