Manfaat Susu, Bisa Digunakan Sebagai Pupuk Tanaman

Manfaat Susu, Bisa Digunakan Sebagai Pupuk Tanaman

Manfaat Susu untuk Pupuk Tanaman-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Cara menggunakan susu sebagai pupuk tanaman :

Jenis susu apa yang bisa digunakan sebagai pupuk susu di kebun? 

Sebaiknya gunakan susu yang sudah lewat tanggalnya alias sudah kedaluwarsa, tapi Anda bisa menggunakan susu segar, susu evaporasi, atau bahkan susu bubuk juga. 

Penting untuk mengencerkan susu dengan air terlebih dahulu. Campur larutan 50 persen susu dan 50 persen air. Saat menggunakan pupuk susu sebagai semprotan daun, tambahkan larutan ke botol semprot dan oleskan ke daun tanaman. Daunnya akan menyerap larutan susu.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa tanaman, seperti tomat, rentan terserang penyakit jamur jika pupuk tetap menempel di daun terlalu lama. 

Jika larutan tidak terserap dengan baik, Anda bisa menyeka daun dengan kain basah atau menyemprotnya dengan air. 

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Kulit Kacang Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

BACA JUGA:Manfaat Air Rebusan Sayur untuk Pupuk Tanaman

Lebih sedikit susu dapat digunakan jika Anda memiliki banyak tanaman untuk diberi makan, seperti halnya dengan area taman yang luas. 

Menggunakan penyemprot adalah metode umum untuk memberi makan tanaman dengan susu di taman yang luas, karena air yang mengalir membuatnya tetap encer. 

Lanjutkan penyemprotan sampai seluruh area terlapisi. Ulangi setiap beberapa bulan, atau semprotkan sekali pada awal musim tanam dan lagi selama pertengahan musim. 

Cara lainnya, Anda bisa menuangkan campuran susu di sekitar pangkal tanaman di mana akarnya akan menyerap susu secara bertahap. Ini bekerja dengan baik di halaman atau pekarangan yang lebih sempit. 

Anda bisa meletakkan bagian atas botol 2 liter (terbalik) di tanah di samping tanaman baru di awal musim. Ini membuat reservoir yang sangat baik untuk menyiram dan memberi makan tanaman dengan susu. Jangan menggunakan segala bentuk pestisida kimia atau pupuk setelah menggunakan pupuk susu. 

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk dari Ampas Teh, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman

BACA JUGA:Cara Mengolah Kulit Bawang Putih jadi Pupuk Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: