Kulit Kepala Gatal? Pahami Penyebabnya, ketombe atau Kutu

Kulit Kepala Gatal? Pahami Penyebabnya, ketombe atau Kutu

Memahami perbedaan antara ketombe dan kutu rambut sangat penting untuk menentukan pengobatan yang tepat. -freepik.com -

BACA JUGA:Tips Cegah Alergi Area Kewanitaan dengan Perawatan yang Tepat

  • Berbagi Perlengkapan Pribadi

Kutu dapat menyebar melalui barang-barang yang disentuh bersama seperti handuk, bantal, atau sisir. Berbagi barang-barang pribadi tanpa sadar bisa menjadi salah satu faktor penyebaran kutu.

  • Lingkungan yang Padat

Kutu rambut lebih sering menyebar di lingkungan yang padat, seperti sekolah, daycare, atau kamp, di mana kontak fisik dekat sulit dihindari.

Gejala Infestasi Kutu Rambut:

  • Gatal Intens

Gatal adalah gejala utama infestasi kutu rambut. Rasa gatal ini biasanya paling terasa di bagian belakang leher dan sekitar telinga.

BACA JUGA:5 Zodiak yang Terkenal Memiliki Sifat dan Karakteristik Ambisius

BACA JUGA:Tidur Ngorok Bikin Tidak Nyaman! Ini 8 Langkah Mudah Mencegah Ngorok

  • Gigitan Kutu yang Terlihat

Kutu rambut menggigit kulit kepala untuk meminum darah, dan ini bisa menyebabkan bekas gigitan kecil yang terlihat sebagai bintik merah atau iritasi di kulit kepala.

  • Telur Kutu (Nits)

Telur kutu, atau nits, sering kali terlihat menempel pada helai rambut di dekat kulit kepala. Nits tampak seperti butiran putih kecil dan sulit dihilangkan dengan sisir biasa.

Dengan pemahaman yang tepat mengenai penyebab kepala gatal, baik karena ketombe maupun kutu, langkah-langkah pencegahan dan pengobatan dapat diambil dengan lebih efektif. 

Penanganan yang tepat akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan menghilangkan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: