7 Manfaat dan Cara Membuat Minuman Daun Pandan yang Bagus Untuk Tubuh

7 Manfaat dan Cara Membuat Minuman Daun Pandan yang Bagus Untuk Tubuh

Air pandan sering dianggap sebagai minuman herbal yang dapat menyeimbangkan energi tubuh-Pinterest-

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan Kulit dan Cara Menggunakannya

Minuman ini sering direkomendasikan sebagai obat alami untuk meredakan ketegangan saraf, terutama setelah hari yang melelahkan.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi rutin air pandan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ini berkat kandungan alkaloid dalam pandan yang memiliki sifat vasodilator, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

Senyawa dalam pandan bekerja dengan cara yang mirip dengan obat antihipertensi alami, yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Meningkatkan Pencernaan

Air pandan memiliki sifat karminatif, yang berarti dapat membantu meredakan perut kembung, gas, serta gangguan pencernaan lainnya.

BACA JUGA:Mengenal Burrata, Keju Khas Italia yang Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Dikenal Manis dan Segar, Inilah 5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi air pandan hangat setelah makan bisa membantu meningkatkan sekresi enzim pencernaan dan mengurangi masalah seperti sembelit dan kram perut.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air pandan dapat membantu menurunkan kadar gula darah, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

Senyawa bioaktif dalam pandan bekerja dengan menstabilkan produksi insulin dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

5. Memiliki Efek Antioksidan

Daun pandan kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: