Pelantikan Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Dijadwalkan Jumat Mendatang

Pelantikan Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Dijadwalkan Jumat Mendatang

Waka I DPRD Kota Bengkulu, Rahmad Widodo-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu resmi memulai rangkaian Bimbingan Teknis (Bimtek) yang sempat tertunda.

Penundaan ini terjadi karena menunggu verifikasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan oleh Gubernur Bengkulu.

Bimtek yang berlangsung di Hotel Mercure ini diikuti oleh DPRD Kota Bengkulu bersama dengan DPRD Kabupaten Bengkulu Utara dan Bengkulu Selatan selama lima hari.

Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu, Rahmad Widodo, mengonfirmasi bahwa kegiatan Bimtek ini dijadwalkan berlangsung mulai Senin hingga Jumat.

"Bimtek akan dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rosjonsyah, pada malam hari. Kegiatan ini berlangsung dari hari ini hingga Jumat, dan ditutup pada Jumat pagi," ungkap Widodo, Senin, 30 September 2024.

BACA JUGA:Sebanyak 1.462 Pelamar CPNS Bengkulu Lolos, Siap Ikuti Tes SKD

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Luncurkan Aplikasi 'Si Padek' untuk Pembayaran Pajak Daerah

Setelah Bimtek selesai, pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Bengkulu akan segera dilaksanakan pada Jumat siang. Hal ini dimungkinkan setelah keluarnya Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Bengkulu yang menetapkan pimpinan definitif DPRD Kota Bengkulu.

"Kami telah berdiskusi dengan Sekretariat Dewan. Karena SK Gubernur sudah turun, pelantikan bisa segera dilakukan. Proses pelantikan ini penting agar pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) bisa dipercepat. Kami juga menunggu kesiapan dari Pengadilan Negeri untuk melantik pimpinan DPRD karena mereka yang berwenang mengambil sumpah jabatan," tambah Widodo.

Pelantikan pimpinan DPRD Kota Bengkulu ini dinilai mendesak, karena pembentukan AKD menjadi kunci bagi dewan untuk memulai pembahasan APBD 2025. Jika proses ini berjalan sesuai jadwal, pembentukan AKD akan dilaksanakan pada Senin, 7 Oktober 2024, sehingga pembahasan APBD bisa segera dimulai dan tidak terhambat oleh batas waktu yang mendekat.

Bimbingan teknis ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para anggota dewan dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka secara lebih efektif. DPRD Kota Bengkulu berkomitmen untuk mempercepat proses pelantikan dan pembahasan APBD agar berbagai program pembangunan untuk tahun 2025 bisa segera disiapkan.(imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: