12 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan Wanita

12 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh--

2. Usia
Kesuburan mulai menurun secara signifikan di pertengahan usia 30-an. Penurunannya akan berjalan lebih cepat di akhir usia 30-an. Kesuburan memang menurun seiring bertambahnya usia karena lebih sedikit ovum yang tersisa di ovarium. Kualitas ovum yang tersisa akan lebih rendah. Tes darah bisa dilakukan untuk melihat potensi kesuburan seseorang.

3. Kehamilan sebelumnya
Potensi kehamilan akan lebih tinggi jika sebelumnya sudah pernah mengalami kehamilan, dibandingkan dengan mereka yang belum pernah mengalaminya.

4. Berat badan
Wanita yang kelebihan berat dan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur kecil kemungkinannya untuk mengalami ovulasi setiap bulannya dibandingkan dengan wanita yang mengalami menstruasi secara teratur. Dengan demikian, potensi kehamilannya juga berkurang. Menurunkan berat badan, sekitar 5-10% dari total berat badan bisa mengembalikan siklus menstruasi yang teratur dan meningkatkan peluang untuk hamil.

5. Kebiasaan merokok
Wanita yang memiliki kebiasaan merokok memiliki tiga kali risiko lebih mungkin mengalami keterlambatan hamil daripada yang bukan perokok. Merokok merusak silia di dalam tuba falopi. Pada pria, merokok dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma.

BACA JUGA:Mudah, Ini Cara Membuat Pupuk Cair dari Jantung Pisang

6. Minum alkohol
Beberapa penelitian melaporkan bahwa minum alkohol secara teratur setiap minggu bisa mengurangi kesuburan. Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan cacat lahir. Sehingga, direkomendasikan agar wanita yang mencoba untuk hamil harus menghindari alkohol. Pada pria, alkohol bisa menyebabkan penurunan kualitas sperma.

7. Obat-obatan
Obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen bisa mengganggu ovulasi. Aspirin juga bisa mengganggu implantasi.

8. Kondisi medis
Beberapa wanita mungkin memiliki kondisi medis yang bisa mempengaruhi kesuburan mereka. Misalnya, penyakit tiroid, sindrom ovarium polikistik, dan endometriosis. Makanan bernutrisi untuk kesuburan wanita yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk sistem reproduksi.Makan makanan yang bergizi dan gaya hidup yang sehat bisa membantu meningkatkan kesuburan.Sehingga, penting untuk memenuhi asupan nutrisi dan menjalankan gaya hidup yang sehat, serta mengelola stres dan kekhawatiran.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: