Cara Membuat Pupuk Kalium Organik dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Pupuk Kalium Organik dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Pupuk Kalium Organik dari Sabut Kelapa-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

- Campurkan gula merah dan air: Larutkan 100 gram gula merah dengan 10 liter air dalam sebuah wadah. Pastikan gula merah larut sepenuhnya.

BACA JUGA:Mudah, Ini Cara Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Eceng Gondok

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair Menggunakan Tempe

- Tambahkan EM4: Masukkan 100 ml EM4 ke dalam larutan gula merah tersebut. EM4 berfungsi sebagai bakteri dekomposer yang membantu mempercepat proses fermentasi.

- Masukkan sabut kelapa: Tuangkan campuran larutan gula merah dan EM4 ke dalam wadah yang sudah berisi sabut kelapa yang dipotong kecil-kecil.

- Proses fermentasi: Tutup rapat wadah tersebut. Selama proses fermentasi, buka tutup wadah selama beberapa detik setiap hari untuk melepaskan gas yang dihasilkan. Ini akan mencegah tekanan gas berlebih.

- Simpan di tempat sejuk: Simpan wadah di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Biarkan campuran tersebut selama dua minggu untuk fermentasi sempurna.

Cara Pengaplikasian Pupuk Cair:

- Setelah fermentasi selesai, pupuk cair siap digunakan. Encerkan POC sabut kelapa dengan air menggunakan perbandingan 1:10 (1 bagian POC, 10 bagian air).

BACA JUGA:Membuat Pupuk Nitrogen dari Bahan Alami

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik MOL dari Pepaya Busuk

- Aplikasikan pupuk cair ini dengan cara menyiram langsung pada akar tanaman atau semprotkan ke daun.

- Penggunaan secara berkala, seperti sekali atau dua kali seminggu, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tanaman.

Manfaat Pupuk Sabut Kelapa untuk Tanaman:

- Sumber kalium organik: Kalium membantu pembentukan bunga dan buah serta meningkatkan daya tahan tanaman terhadap stres lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: